Penerapan metode pembelajaran team assisted individualization berbantuan media pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X TKJ 3 SMK N 11 Malang / Dannis Subiakto Rosidin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran team assisted individualization berbantuan media pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X TKJ 3 SMK N 11 Malang / Dannis Subiakto Rosidin

Rosidin, Dannis Subiakto (2017) Penerapan metode pembelajaran team assisted individualization berbantuan media pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X TKJ 3 SMK N 11 Malang / Dannis Subiakto Rosidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosidin Dannis Subiakto. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantu Media Pembelajaran Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X TKJ 3 SMK N 11 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom. (2) I Made Wirawan S.T. S.S.T M.T. Kata Kunci team assisted individualization metode pembelajaran media pembelajaran web hasil belajar kognitif Keberhasilan kegiatan pembelajaran dapat diukur dari kompetensi peserta didik pada ranah kognitif afektif dan psikomotorik. Dibuktikan dengan nilai hasil belajar yang belum sampai pada standar KKM karena peserta didik belum sepenuhnya dilibatkan dalam KBM dengan efektif masih berpusat pada guru pengajar (teacher center). Pada saat pembelajaran guru masih belum menggunakan model pembelajaran. Dari hasil observasi didapatkan 84 6% nilainya masih dibawah KKM dan 15 4% peserta didik sudah mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X TKJ SMK N 11 Malang pada mata pelajaran Pemograman web dasar dengan menerapkan model pembelajarn Team Assisted Individualization dan juga menggunakan web sebagai medianya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Model penelitian Kemmis dan Mc Taggart memiliki beberapa siklus. Masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (planning) (2) aksi atau tindakan (action) (3) observasi (observing) dan (4) refleksi (reflecting). Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi wawancara catatan lapangan dokumentasi dan tes. Kemudiam peneliti juga menggunakan web sebagai medianya. Berdasarkan hipotesis dapat dinyatakan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ 3 pada mata pelajaran Pemrograman Web Dasar di SMK Negeri 11 Malang. Saran dari penelitian ini guru dapat menggunakan model Team Assisted Individualization untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. ABSTRACT Rosidin Dannis S. 2017. Implementation of Team Assisted Individualization Learning Method with Web Learning To Improve Tenth Grade TKJ 3 Students Cognitive Learning In Smkn 11 Malang. Thesis Faculty of Engineering State University of Malang. Advisors (I) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom (II) I Made Wirawan S.T. S.S. T M.T Email dannissubiaktorosidin gmail.com Telp. 085756169896 Key Words Team Assisted Individualization Learning Method Cognitive Basic Web Programming Media. The aim of this research was to know the improvement of students cognitive learning from the implementation of Team Assisted Individualization Learning Method with Web Based Learning. The research design used in this research was CAR (Classroom Action Research) which was done in 2 cycles. There were 4 steps in one cycle which were (1) planning (2) action (3) observation (4) reflection. The results of this research were (1) Team Assisted Individualization Learning Method with web based learning successfully improved students cognitive learning in Basic Web Programming subject. (2) Students cognitive learning was improved after some cycles. In cycle 1 students cognitive learning was 46.2%. It improved in cycle 2 which was 84.6%. (3) The result of the students improvement was proved by there were found 21 students haven t passed the standard minimum score (

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46348

Actions (login required)

View Item View Item