Hubungan ketersediaan alat praktikum dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa TKJ pada mata pelajaran jaringan dasar di Kota malang tahun ajaran 2014/2015 / Riset Wijang Prihandana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan ketersediaan alat praktikum dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa TKJ pada mata pelajaran jaringan dasar di Kota malang tahun ajaran 2014/2015 / Riset Wijang Prihandana

Prihandana, Riset Wijang (2017) Hubungan ketersediaan alat praktikum dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa TKJ pada mata pelajaran jaringan dasar di Kota malang tahun ajaran 2014/2015 / Riset Wijang Prihandana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prihandana Riset Wijang. 2015. Hubungan Ketersediaan Alat Praktikum dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa TKJ kelas X SMKN di Kota Malang. Skripsi. Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Atmadji S.Pd M.Pd. (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T M.T. Kata Kunci ketersediaan alat praktikum laboratorium jaringan motivasi belajar prestasi belajar korelasi Tingkat keberhasilan dan kemajuan sebuah negara dapat dilihat dari aspek pendidikan ekonomi politik budaya dan sosial. Dalam hal pendidikan negara dapat dikatakan berhasil apabila penduduknya memilki tingkal intelegensia yang tinggi memiliki sarana penunjang pembelajaran yang memadai tenaga pendidik dalam tingkat kesejahteraan yang memadai dll. Tingkat intelegensia yang baik dapat dicontohkan dari prestasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Proses belajar telah diketahui merupakan input dari prestasi belajar. Proses belajar ini memiliki dua faktor yang mempengaruhi. Kedua faktor yang mempengaruhi dari prestasi belajar berasal dari internal maupun eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari individu peserta didik sendiri meliputi faktor jasmani dan psikologis. Faktor psikologis meliputi intelektual (taraf intelegensi kemampuan belajar dan cara belajar) dan non intelktual (motivasi belajar sikap perasaan minat kondisi psikis). Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar individu yang meliputi faktor fisik dan faktor lingkungan sosial. Faktor fisik meliputi rumah sekolah peralatan penunjang pembelajaran. Faktor lingkungan meliputi keluargam pengajar masyarakat dan teman. Berdasarkan kedua faktor ini diketahui bahwa motivasi dan ketersediaan alat mempengaruhi terhadap prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi ketersediaan alat praktikum laboratorium jaringan motivasi belajar yang dimiliki siswa serta prestasi belajar siswa di Kota Malang. Penelitian ini juga meneliti ada atau tidak hubungan antara tingkat ketersedaiaan alat praktikum dan prestasi belajar siswa hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar serta hubungan tingkat ketersediaan alat praktikum motivasi belajar dan prestasi belajar di Kota Malang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui tingkat ketersediaan alat praktikum dalam katagori tinggi motivasi belajar sedang dan prestasi belajar sedang. Variabel yang memilki korelasi antar variabel dependen dan independen adalah variabel motivasi belajar dan prestasi belajar dengan nilai korelasi sebesar 0 301. Dimana nilai korelasi ini menandakan bahwa tingkat korelasi sedang. Hubungan korelasi ganda untuk variabel ketersediaan alat praktikum motivasi belajar dan prestasi belajar sebesar 0 325. Nilai korelasi ini menunjukkan bahwa antara variabel dalam katagori sedang dan variabel ketersediaan alat praktikum dan motivasi belajar terdapat hubungan yang simultan dan signifikan terhadap variabel prestasi belajar. ABSTRACT Prihandana Riset Wijang. 2015. Relationship beetween Availability of Practical Tools and Motivation Study on Student Achievement Class X TKJ SMK in Malang. Thesis. Education Information Engineering Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering University of Malang. Advisors (I) Dr. H. Tri Atmadji S.Pd M.Pd. (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T M.T. Keywords correlation availability of lab instruments laboratory networks learning motivation academic achievement The success and progress of a country can be seen from the aspect of education economic political cultural and social. In terms of education the state can be said to be successful if its people have the tingkal high intelligence have adequate means of supporting learning educators in a sufficient level of welfare etc. Good intelligence level of achievement of learning can be exemplified owned by learners. The learning process has been known to be the input of learning achievement. This learning process has two factors that affect. The second factor influencing of learning achievement comes from internal and external. Internal factors are factors derived from the individual learners themselves including physical and psychological factors. Psychological factors include intellectual (level of intelligence ability to learn and how to learn) and non intelktual (learning motivation attitudes feelings interests psychological conditions). While external factors are factors that come from outside the individual which includes physical factors and social environmental factors. Physical factors include homes schools learning support equipment. Environmental factors include keluargam teachers the community and friends. Based on these two factors in mind that the motivation and the availability of means of influence on learning achievement. The purpose of this study was to determine how high availability network laboratory practicum tools learning motivation of the students as well as student achievement in Malang. The study also examined the relationship between the presence or level ketersedaiaan practical tools and student achievement the relationship between learning motivation and learning achievement as well as the correlation between the availability of practical tools motivation to learn and learning achievement in Malang. Based on the research that has been done it is known the availability of practical tools in the category of high moderate learning motivation and learning achievement being. Variables that have a correlation between dependent and independent variables is the variable of learning motivation and learning achievement with a correlation value of 0.301. Where the value of this correlation indicates that the level of correlation being. Double correlation to variable availability of practical tools learning motivation and learning achievement at 0.325. This indicates that the value of correlation between the variables in the medium category and the variable availability of practical tools and motivation to learn there is a simultaneous and significant relationship to variable learning achievement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46344

Actions (login required)

View Item View Item