Pengembangan jobsheet perawatan dan perbaikan komputer berbasis problem based learning untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika di Universitan Negeri Malang / Ade Adinda Aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan jobsheet perawatan dan perbaikan komputer berbasis problem based learning untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika di Universitan Negeri Malang / Ade Adinda Aulia

Aulia, Ade Adinda (2017) Pengembangan jobsheet perawatan dan perbaikan komputer berbasis problem based learning untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika di Universitan Negeri Malang / Ade Adinda Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ade Adinda Aulia. 2017. Pengembangan Jobsheet Perawatan dan Perbaikan Komputer Berbasis Problem Based Learning Untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika di Universitas Negeri Malang. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eng. Siti Sendari S.T. M.T. (2) Drs. Suwasono M.T. Kata Kunci Pengembangan Jobhseet Perawatan dan Perbaikan Komputer Problem Based Learning Perawatan dan Perbaikan Komputer merupakan salah satu matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Berdasarkan wawancara dengan dosen matakuliah Perawatan dan Perbaikan Komputer terdapat beberapa permasalahan yakni bahan ajar yang telah ada kurang sesuai untuk digunakan dalam kegiatan pratikum kurang menarik tidak terdapat langkah-langkah praktikum dan tidak ada studi kasus yang terkait dengan kondisi saat ini. Berdasarkan uraian permasalahan di atas tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan serta menguji kelayakan bahan ajar berupa Jobsheet Perawatan dan Perbaikan Komputer berbasis Problem Based Learning (PBL) yang memenuhi kriteria kompetensi dasar Kurikulum Jurusan Teknik Elektro Edisi 2015 Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan oleh Sadiman (2012 100) yang terdiri dari 7 langkah yaitu (1) Identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) uji coba dan (7) revisi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket penilaian kepada validator dan penyebaran angket kepada mahasiswa. Subjek uji coba media ini terdiri dari ahli media ahli materi dan mahasiswa. Validasi menggunakan angket skala Likert yang kemudian dianalisis. Analisis digunakan untuk menentukan kelayakan produk sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Produk yang dikembangkan pada penelitian pengembangan ini adalah jobsheet mahasiswa dan buku pegangan dosen. Setelah dilakukan validasi tahap pertama kemudian dilakukan validasi tahap kedua. Hasil analisis data diperoleh persentase kelayakan jobsheet mahasiswa dari ahli materi sebesar 91 25% ahli media sebesar 90 62% uji coba kelompok kecil sebesar 86 04% dan kelompok besar sebesar 93 13%. Sedangkan untuk buku pegangan dosen diperoleh hasil persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 91 00% dan dari ahli media sebesar 88 75%. Rata-rata keseluruhan yang diperoleh untuk jobsheet mahasiswa adalah 90 26% dan rata-rata untuk buku pegangan dosen adalah sebesar 89 38% sehingga jobsheet mahasiswa dan buku pegangan dosen yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan perkuliahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46342

Actions (login required)

View Item View Item