Pengembangan media pembelajaran menggunakan animasi untuk matakuliah sistem operasi pokok bahasan penjadwalan proses / Syahaffath Assegaf

Assegaf, Syahaffath (2017) Pengembangan media pembelajaran menggunakan animasi untuk matakuliah sistem operasi pokok bahasan penjadwalan proses / Syahaffath Assegaf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Assegaf, Syahaffath. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Animasi untuk Mata Kuliah Sistem Operasi Pokok Bahasan Penjadwalan Proses. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Triyanna Widyaningtyas, S.T, M.T, (II) I Made Wirawan, S.T, S.ST, M.T. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Animasi, Penjadwalan Proses Animasi atau bisa disebut gambar bergerak sekarang ini sudah menjadi teknologi yang semakin dikenal oleh banyak orang. Perkembangan animasi sendiri mengalami kemajuan yang begitu pesat. Dalam dunia pendidikan animasi juga tidak kalah berkembang dengan tumbuhnya media pembelajaran elektronik dari berbagai pengembang perangkat lunak. Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang, didapatkan hasil bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam pokok bahasan Penjadwalan Proses. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang menarik dan efektif sehingga mahasiswa mampu memahami materi-materi dengan baik. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menyempurnakan media pembelajaran yang sudah ada sehingga tercipta sebuah perangkat lunak berbasis desktop dengan materi yang mudah dipahami dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Model pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah model pengembangan dari Arif Sadiman. Model pengembangan ini memiliki tahapan antara lain: (1) identifikasi kebutuhan; (2) perumusan tujuan; (3) perumusan butir-butir materi; (4) perumusan pengukur keberhasilan; (5) penulisan naskah media; (6) tes/uji coba; (7) revisi; dan (8) naskah siap produksi. Pengujian dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Hasil dari data yang diperoleh dianalisis dan ditentukan kelayakannya mengacu pada persentase dari tabel kriteria kelayakan oleh Arikunto. Produk yang dikembangkan akan dikatakan berhasil dan bisa dimanfaatkan apabila mencapai kriteria cukup valid (60% - 79%). Hasil penilaian angket validasi ahli media dan ahli materi berturut-turut memperoleh persentase skor sebesar 86,76%, 86,11%, dan responden uji coba lapangan mendapatkan persentase skor sebesar 87,29%. Berdasarkan hasil angket validasi tersebut dapat dikatakan bahwa Media Pembelajaran Menggunakan Animasi untuk Mata Kuliah Sistem Operasi Pokok Bahasan Penjadwalan Proses ini termasuk kriteria layak dan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran Pendidikan Teknik Informatika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46338

Actions (login required)

View Item View Item