Pengembangan modul ajar digital berintegrasikan dengan model explicit instruction pada mata pelajaran teknik animasi 2 dimensi untuk siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 1 Banyuwangi / Suci Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar digital berintegrasikan dengan model explicit instruction pada mata pelajaran teknik animasi 2 dimensi untuk siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 1 Banyuwangi / Suci Lestari

Lestari, Suci (2017) Pengembangan modul ajar digital berintegrasikan dengan model explicit instruction pada mata pelajaran teknik animasi 2 dimensi untuk siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 1 Banyuwangi / Suci Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Suci. 2017. Pengembangan Modul Ajar Digital Berintegrasikan dengan Metode Explicit Intruction Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi Untuk Siswa XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 1 Banyuwangi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) I Made Wirawan S.T. M.T. Kata Kunci pengembangan modul digital explicit intruction teknik animasi 2dimensi smk Pada program keahlian multimedia di SMK terdapat materi mata pelajaran produktif salah satunya adalah Teknik Animasi 2 Dimensi. Proses pembelajaran yang berlangsung di SMK khususnya pada saat praktikum membuat sebuah animasi 2D ditemukan beberapa kendala. Dari sisi sarana acuan belajar yang diberikan oleh siswa kurang memahami materi dan menarik minat siswa sehingga memerlukan adanya modul ajar yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa tersebut. Efisiensi dengan memanfaatkan modul interaktif dalam penelitian ini berbasis epub. Tujuan dari pengembangan modul ajar digital ini untuk menarik minat siswa dan memberikan kemudahan siswa dalam memahami materi pada saat praktikum Teknik animasi 2 dimensi. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Sadiman. Model pengembangan yang dipilih karena adanya proses revisi yang bisa diulangi dari tahapan tertentu. Tahapan tahapan model pengembangan Sadimansebagai berikut (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) tes/uji coba (7) revisi dan (8) naskah siap produksi. Setelah dilakukan beberapa tahapan pengujian pada modul. Hasil pengujian ahli materi ahli media dan siswa dihimpun menjadi satu data. Pada pengujian ahli materi memperoleh hasil persentase sebesar 96.42%. Pengujian ahli media memperoleh hasil persentase sebesar 94.11% sedangkan uji coba pada siswa perorangan mendapat presentase 81.33% kemudian untuk uji lapangan kelompok kecil sebesar 83.8%. Tahapan terakhir yaitu uji lapangan kelompok besar memperoleh persentase 86.40%. Sehingga modul ajar digital berintegrasikan dengan model Explicit Instruction pada mata pelajaranan Teknik Animasi 2 Dimensi ini masuk dalam kategori Sangat Valid . Hal ini dapatdisimpulkan bahwa modul ajar digital ini diawali dengan dirancang dan dikembangkan sesuai kebutuhan siswa.Kemudian diuji kelayakannya dan menghasilkan produk berupa modul digital yang layak digunakan sebagai modul ajar digital mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. ABSTRACT Lestari Suci. 2016. Development of Digital Instructional Module Berintegrasikan with Explicit Methods Subjects intruction In 2D Animation Techniques For Students XI Multimedia Skills Program at SMK Negeri 1 Banyuwangi. Essay Informatics Engineering Education Program Electrical Engineering Faculty of Engineering Malang State University. Supervisor (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) I Made Wirawan S.T. M.T. Keywords development digital module explicit instruction 2-dimensional animation techniques vocational program In the multimedia expertise of vocational programs there are some subjects and one of them is 2D Animation Techniques. The learning process especially when making a 2D animation has several problems. So we need the teaching module that can be more interesting and easily to understand by students. In this study the efficiency for interactive modules utilization is based by epub. The purpose of the digital teaching module development is to attract student s interest and facilitate them to understand the material when practicing in the 2-dimensional animation technique. This study uses Sadiman development model. The reason for choosing the Sadiman development model is because the revision can be repeated in certain stage. Stages of development in Sadiman development model are (1) identification of needs (2) the formulation of objectives (3) of the formulation of the material (4) the formulation for media s succession identification (5) media script writing (6) tests / trials (7) the revision and (8) script which ready for production. After several stages of testing of the module. The result from the material experts media experts and students compiled into one data. For material testing the result is 96.42%. In the test by media experts the results is 94.11% while the test for individual student gets a percentage of 81.33% then to field test of small group is 83.8%. The final stage is field testing on large groups that earn a percentage of 86.4%. So the digital teaching module based on Explicit instruction model in the subject of 2 dimensional animation technique is categorized as Very Valid . It can be concluded because this digital teaching module was designed and developed according to the needs of students. Then it tested for its advisability and producing digital module that can be use as digital teaching module in subject of 2 Dimensional Animation Techniques.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46336

Actions (login required)

View Item View Item