Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar pada materi pelajaran instalasi Local Area Network (LAN) kelas XI pada minat bidang keahlian teknologi komputer jaringan di SMKN 1 Blitar / Niken Robitah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar pada materi pelajaran instalasi Local Area Network (LAN) kelas XI pada minat bidang keahlian teknologi komputer jaringan di SMKN 1 Blitar / Niken Robitah

Robitah, Niken (2017) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar pada materi pelajaran instalasi Local Area Network (LAN) kelas XI pada minat bidang keahlian teknologi komputer jaringan di SMKN 1 Blitar / Niken Robitah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Robitah Niken.2016 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig-Saw Terhadap Hasil Belajar Pada Matapelajaran Instalasi Local Area Network (Lan) Kelas XI Pada Minat Bidang Keahlian Teknologi Komputer Jaringan di SMKN 1 Blitar. Skripsi Progam Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara MPd. (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T Kata Kunci metode pembelajaran tipe jigsaw dan minat belajar Berdasarkan hasil observasi pada kelas XI TKJ di SMKN 1 Blitar diperoleh informasi bahwa proses belajar mengajar di sekolah ini masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan penugasan sehingga siswa kurang tertarik atau kurangnya minat dalam mengikuti pelajaran dan menyebabkan keaktifan siswa untuk mengikut kegiatan belajar berkurang. Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai digunakan sebagai alternatif dalam membelajarkan materi Instalasi LAN adalah metode pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig-Saw merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada peningkatan kemampuan siswa dalam menganalisa dan berfikir kritis. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian yang sesungguhnya (true experimental) dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Sampel penelitian diambil dengan teknik purpose sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI TKJ 1 dengan 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI TKJ 2 dengan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar menggunakan model kooperatif tipe jig-saw dan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan model ceramah penugasan. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen penelitian dan pengukuran. Hasil nilai postest tertinggi kelas eksperimen setelah diberi metode pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jig-saw yaitu 90 05 dan nilai terendah 79 0. Sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah mendapatkan nilai maksimum 83 0 dan nilai terendah 77.0. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen setelah diberikan treatment pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe jig-saw. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar pada kelas eksperimen yang diberi metode kooperatif tipe jig-saw dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan penugasan. ABSTRAK Robitah Niken.2016 Influence of Cooperative Learning Methods Jig-Saw in the Subject of the Installation of a Local Area Network (LAN) Class XI the Interest Areas of Expertise of Computer Network Technology in SMKN 1 Blitar.Skripsi Education Study Program Computer Sience Electrical Engineering Department Faculty engineering State University of Malang. Supervisor (I) Dr.Ir.H.Syaad Patmanthara MPd. (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T Keywords jigsaw-type learning methods and interest in learning Based on observations in class XI TKJ in SMK 1 Blitar obtained information that the teaching and learning process in schools are still teaching methods lectures and assignments so that students are less interested or lack of interest in following the lessons and than cause live liness students to follow the learning activities is reduced. Selection of learning methods will determine the quality of learning. One of the methods suitable for use as an alternative in the material study LAN installation method is student-centered learning. Cooperative learning jig-saw is a method of learning that emphasizes on improving students ability to analyze and think critically. This type of research used in this research is the real (true experimental) by using a study design Pretest-Posttest Control Group Design. Samples were take by purposive sampling technique. The sample was grade XI TKJ 1 with 34 students as an experimental class and XI TKJ 2 with 34 students as the control class. Experimental class is a class that is laught using cooperative model type jig-saw and the control class is the class taught using models lectures assignments. The research instrument consisted of research and measurement instruments. Results postest highest value after being given the experimental class learning method using cooperative learning model type jig-saw is 90.05 and the lowest value of 79.0. While the control classes that use the lecture method to get the maximum value of 83.0 and the lowest value of 77.0. From these data it can be seen that there is a significant influence on the experimental class after being given treatment using cooperative learning jig-saw. Based on these results we can conclude that there are significant learning outcomes in the experimental class by type of cooperative methods jig-saw with control classes using methods lectures and assignments

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46335

Actions (login required)

View Item View Item