Presensi kehadiran siswa menggunakan aplikasi presensi siswa digital berbasis android dan website / M. Arif Darmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Presensi kehadiran siswa menggunakan aplikasi presensi siswa digital berbasis android dan website / M. Arif Darmansyah

Darmansyah. M. Arif (2017) Presensi kehadiran siswa menggunakan aplikasi presensi siswa digital berbasis android dan website / M. Arif Darmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Darmansyah Mochammad Arif. 2017. Presensi Kehadiran Siswa Menggunakan Aplikasi Presensi Siswa Digital Berbasis Android dan Website. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T (II) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom. Kata Kunci Android NFC Presensi. Di sekolah guru memeriksa kehadiran siswa dengan memanggil satu per satu siswa yang hadir. Data yang diperoleh diolah oleh pegawai administrasi untuk dimasukkan ke jurnal yang kemudian dibuat laporan perkembangan siswa. Kondisi seperti itu sangat merepotkan karena harus melalui tahap pengolahan data yang berlapis. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah solusi agar pekerjaan tersebut menjadi ringan dan cepat. Solusi yang paling mudah adalah tersedianya alat bantu presensi digital yang dapat menangkap data kehadiran siswa dan mengolahnya menjadi laporan untuk dijadikan pertimbangan oleh kepala sekolah dan guru. Dari permasalahan seperti itulah timbul sebuah ide untuk membuat sebuah program perangkat lunak yang dapat membantu setiap kegiatan yang berhubungan dengan kehadiran siswa. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada model pengembangan waterfall yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu (1) Requirement Analysis (2) System Design (3) Implementation (4) Integration Testing (5) Operation Maintenance. Aplikasi ini dibuat berbasis web dan android dengan Bahasa pemrograman HTML PHP Java Script Java untuk antar muka menggunakan CSS dan database yang digunakan adalah MySQL. Teknik pengujian yang digunakan adalah blackbox yakni untuk menguji fungsionalitas dan usabilitas aplikasi. Hasil pengembangan aplikasi ini telah diuji oleh ahli rekayasa perangkat lunak serta memperoleh hasil 100%. Sementara hasil uji coba lapangan dilakukan oleh guru selaku administrator di sekolah memperoleh hasil uji sebesar 100%. Hasil tersebut diperoleh dari angket tertutup dengan teknik pengujian blackbox Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi presensi siswa digital yang dikembangkan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46326

Actions (login required)

View Item View Item