Pengembangan buku ajar mata pelajaran pemrograman web untuk siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang / Sam Fatihudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar mata pelajaran pemrograman web untuk siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang / Sam Fatihudin

Fatihudin, Sam (2017) Pengembangan buku ajar mata pelajaran pemrograman web untuk siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang / Sam Fatihudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatihudin Sam. 2014. Pengembangan Buku Ajar Mata Pelajaran Pemrogaman Web Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata kunci Media Pembelajaran Buku Ajar Pemrogaman Web Pembelajaran praktik memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebab SMK mengutamakan penguasaan keterampilan praktis (tidak terstruktur) dan pengetahuan serta perilaku yang berhubungan langsung dengan keterampilan tersebut. Meskipun pada SMK mengutamakan pembelajaran praktis serta ditambah belum adanya buku ajar yang tetap untuk memenuhi materi yang diharapkan para guru untuk mengajar terutama ketika mengajar praktikum. bukan berarti siswa tidak membutuhkan buku ajar sebelum melakukan pembelajaran praktik siswa akan terbantu untuk menambah wawasan mereka dengan adanya buku ajar sebagai sumber belajar. Setelah melihat Kurikulum 2013 SMK kelas X terdapat mata pelajaran baru bagi semua jurusan yang sebelumnya tidak terdapat pada kurikulum KTSP yaitu pemrogaman web. Dengan adanya mata palajaran baru ini peneliti belum menemukan buku yang sesuai untuk pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah yang ada dapat dirumuskan tujuan pengembangan yaitu (1)Merancang bahan ajar yang layak berupa buku tentang Pemrogaman Web sebagai media pembelajaran siswa di SMK Kelas X Malang (2)Mengembangkan bahan ajar yang disusun kelengkapan pembelajaran untuk mata pelajaran Pemrogaman Web (3)Sebagai bahan ajar siswa yang dapat mendukung permasalahn belajar yang tidak sistematis. Model pengembangan bahan ajar ini adalah model pengembangan dari Sadiman. Adapun langkah-langkah penelitian bahan ajar adalah sebagai berikut (1) Identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan (3) Perumusan butir-butir materi (4) Perumusan pengukur keberhasilan (5) Penulisan naskah media (6) Tes/Uji coba (7) Revisi (8) Siap Produksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan penyebaran angket. Pengembangan buku pemrogaman web ini terdiri dari buku guru dan buku siswa yang dibuat pada kertas ukuran A4 dalam bentuk hardcopy dimana isi buku ini tentang materi-materi yang sesuai dengan kompetensi dasar yang terdapat pada silabus SMK kurikulum 2013. Berdasarkan pada hasil uji coba diperoleh persentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut (1) pada ahli media diperoleh persentase sebesar 86 10% (2) Pada ahli materi diperoleh persentase sebesar 90 00% (3) Pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 80 38% uji coba lapangan diperoleh persentase sebesar 80 36%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar Pemrogaman Web untuk siswa SMK kelas X ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. ABSTRACT Fatihudin Sam. 2014. Development of Web Programming Textbook For Students of Class X SMK Negeri 11 Malang. Thesis Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering State University of Malang. Counselor (I) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Keywords Learning Media Textbooks Web Programming Practical learning plays an important role in Vocational High School (SMK) learning activities because SMK prioritizes the mastery of practical skills (unstructured) and knowledge and behavior directly related to those skills. Although the vocational school prioritizes practical learning and plus the absence of a fixed textbook to meet the material that teachers are expected to teach especially when teaching practicum. Does not mean that students do not need textbooks before doing practical learning students will be helpful to add their insights with the textbook as a source of learning. After seeing the Curriculum 2013 SMK class X there are new subjects for all majors that were not previously available in the curriculum KTSP is web programming. With this new eye researchers have not found a suitable book for learning. Based on the background of existing problems can be formulated development goals namely (1) Designing worthy materials in the form of books about Web Programming as a medium of learning of students in SMK Class X Malang (2) Developing instructional materials compiled learning tools for Web Programming subjects (3) As teaching materials students who can support Learning problems that are not systematic. This instructional material development model is a development model of Sadiman. The steps of research teaching materials are as follows (1) Identification of needs (2) Formulation of objectives (3) Formulation of material points (4) Formulation of measurement of success (5) Writing of media texts (6) Test / Trial (7) Revisions (8) Ready for Production. Data were collected using interview technique observation and questionnaire. The development of this web programming book consists of teacher books and student books made on A4 size paper in hardcopy format where the contents of this book are about materials that fit the basic competencies contained in the SMK syllabus of the 2013 curriculum. Based on the results of the trial Obtained the percentage of each of the trial subjects as follows (1) on the expert media obtained a percentage of 86.10% (2) In the material expert a percentage of 90.00% is obtained (3) In small group trial obtained percentage of 80 38% field trial obtained by percentage equal to 80 36%. So it can be concluded that the development of textbooks Web programming for students of SMK class X is feasible to be used as a medium of learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46322

Actions (login required)

View Item View Item