Pengembangan aplikasi m-learning dengan pendekatan problem based introduction pada mata pelajaran pemograman WEB untuk siswa kelas X Jurusan RPL SMK Negeri 8 Malang / Lutfi Fathony - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi m-learning dengan pendekatan problem based introduction pada mata pelajaran pemograman WEB untuk siswa kelas X Jurusan RPL SMK Negeri 8 Malang / Lutfi Fathony

Fathony, Lutfi (2017) Pengembangan aplikasi m-learning dengan pendekatan problem based introduction pada mata pelajaran pemograman WEB untuk siswa kelas X Jurusan RPL SMK Negeri 8 Malang / Lutfi Fathony. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fathony Lutfi. 2017. Pengembangan M-Learning Dengan Pendekatan Problem Based Introduction Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 8 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom (2) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Kata kunci pengembangan media pembelajaran android web html smk Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran untuk menghasilkan produk media pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Problem Based Introduction pada mata pelajaran Pemrograman Web dan masih kurangnya media pembelajaran berbasis m-learning yang dapat digunakan sebagai media belajar mandiri serta menentukan ukuran dan mengetahui kualitas dari media pembelajaran pemrograman web tersebut yang diikuti dengan langkah-langkah pengembangan yang harus diikuti agar menghasilkan produk yang berkualitas berdasarkan penilaian ahli media ahli materi dan siswa agar indikator keberhasilan tercapai. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Sadiman dengan rincian (1) identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan pembelajaran (3) Perumusan materi pembelajaran (4) Perumusan alat pengukur keberhasilan (5) Penulisan naskah media (6) Tes/uji coba (7) Revisi (8) Naskah siap produksi. Pengujian dilakukan pada tiga subjek uji coba yaitu ahli materi ahli media dan siswa. Pengujian pada ahli materi memperoleh hasil rata-rata sebesar 93 6%. Pengujian pada ahli media memperoleh nilai sebesar 95 4%. Sedangkan untuk uji coba kepada siswa kelas kecil memperoleh nilai sebesar 90%. Sedangkan untuk pengujian kelas besar diperoleh nilai sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah layak diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar. ABSTRACT Fathony Lutfi. 2017. M-Learning Development With Problem Based Introduction Approach In Web Programming Subjects For Students of Class X SMK Negeri 8 Malang. Essay. Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering State University of Malang. Supervisor (1) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom (2) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Keywords development learning media android web html smk This research is a study of the development of learning media to produce learning media products using Problem Based Introduction approach on Web Programming subjects and still lack of m-learning based learning media that can be used as independent learning media as well as determine the size and know the quality of learning media programming The web is followed by developmental steps that must be followed in order to produce a quality product based on the assessment of media experts material experts and students for success indicators to be achieved. This research refers to Sadiman s development model with details (1) identification of needs (2) Formulation of learning objectives (3) Formulation of learning materials (4) Formulation of measuring tools (5) Writing media script (6) Trial (7) Revision (8) Manuscript ready for production. The tests were conducted on three test subjects ie material experts media experts and students. Tests on the material experts obtained an average yield of 93.6%. Tests on media experts scored 95.4%. While for the trial to the small class students get a value of 90%. While for the big class test obtained value of 90%. Thus it can be concluded that the developed learning media is feasible applied inteaching and learning activities.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46320

Actions (login required)

View Item View Item