Hubungan penerapan metode pembelajaran Project Based Learning berbasis GRASPS berbantuan modul digital dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif multimedia di SMKN 1 Amuntai / Nur Amalianda

Amalianda, Nur (2017) Hubungan penerapan metode pembelajaran Project Based Learning berbasis GRASPS berbantuan modul digital dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif multimedia di SMKN 1 Amuntai / Nur Amalianda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalianda, Nur 2016 Hubungan Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Berbasis GRASPS berbantuan Modul Digital dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif Multimedia di SMKN 1 Amuntai. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom. (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom. Kata Kunci: Project Based Learning, GRASPS, Hasil belajar Di SMKN 1 Amuntai Matapelajaran Desain Multimedia merupakan salah satu matapelajaran wajib yang harus ditempuh siswa kelas XII program keahlian Multimedia. Salah satu hal yang penting diperhatikan oleh seorang pendidik dalam proses pembelajaran adalah penggunaan metode pembelajaran. Hasil observasi pada penerapan metode PjBL berbasis GRASPS disekolah terdapat beberapa poin yang belum tercapai oleh siswa diantaranya (Situation, Product, and Standart). Selain ketepatan dalam menentukan metode pembelajaran, sumber belajar juga berperan sebagai acuan siswa dalam belajar. Disekolah saat ini belum ada sumber belajar yang relevan untuk digunakan siswa dalam belajar berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan. Sumber belajar siswa hanya didapat dari Guru dan sumber-sumber yang kurang jelas diinternet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan yang signifikan antara Penerapan Metode Project Based Learning berbasis GRASPS berbantu Modul Digital dengan Hasil Belajar Siswa pada Matapelajaran Produktif Multimedia di SMKN 1 Amuntai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan penerapan metode pembelajaran Project Based Learning berbasis GRASPS berbantu modul digital dengan hasil belajar siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Multimedia SMK Negeri 1 Amuntai yang berjumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 66 sampel yang diberi perlakuan penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Berbasis GRASPS berbantu Modul Digital. Hasil belajar pada penelitian ini diukur melalui nilai post-test siswa. Uji Instrumen dilakukan kepada 14 responden diluar sampel. Uji instrumen data yang digunakan adalah validitas dan reliabilitas. Uji pra syarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, linearitas dan homogenitas. Analisis data yang digunakan adalah metode statistik parametris. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment yang digunakan untuk mencari hubungan antar variabel dan menggunkan korelasi regresi linear sederhana untuk mengetahui apakah hubungan tersebut positif atau negatif Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Berbasis GRASPS berbantuan Modul Digital dan Hasil Belajar Siswa pada Matapelajaran Produktif Multimedia di SMKN 1 Amuntai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46319

Actions (login required)

View Item View Item