Komposisi model pembelajaran mind mapping dan Auditory Intelectually Repetition (AIR) terhadap proses dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Islam Kota Batu / Nimas Dia Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Komposisi model pembelajaran mind mapping dan Auditory Intelectually Repetition (AIR) terhadap proses dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Islam Kota Batu / Nimas Dia Fitria

Fitria, Nimas Dian (2017) Komposisi model pembelajaran mind mapping dan Auditory Intelectually Repetition (AIR) terhadap proses dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Islam Kota Batu / Nimas Dia Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitria Nimas Dian. 2017. Komparasi Model Pembelajaran Mind Mapping dan Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Matapelajaran Sistem Komputer di SMK Islam Kota Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs Wahyu Sakti Gunawan I. M.Kom. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata kunci Mind Mapping Auditory Intellectually Repetition (AIR) Hasil Belajar Proses Belajar Pembelajaran yang dilakukan pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki 3 aspek yang harus dicapai oleh siswa. Aspek tersebut terdiri dari 20% program umum 40% program dasar dan teori kejuruan dan 40% program praktik kejuruan. Pada dasarnya program dasar dan teori kejuruan memiliki bobot yang sama namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa siswa cenderung mengabaikan aspek program dasar dan kejuruan. Hal ini ditunjukkan dalam proses belajar di dalam kelas. Siswa cenderung malas merasa bosan dan tidak memperhatikan saat guru menjelaskan. Hal tersebut mengakibatkan dampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan yang muncul tersebut muncul disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan. Oleh sebab itu dibutuhkan model pembelajaran yang dianggap mampu mengatasi permasalahan tersebut yaitu model pembelajaran Mind Mapping dan Auditory Intelectually Repetition (AIR). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui proses belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran Mind Mapping dan Auditory Intellectually Repetitin (AIR) (2) mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran Mind Mapping dan Auditory Intellectually Repetition (AIR) (3) mengetahui perbedaan rerata nilai siswa sesudah diberikan model pembelajaran Mind Mapping (4) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan (5) mengetahui perbedaan pembelajaran menggunakan model Mind Mapping dan Auditory Intellectually Repetition (AIR). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa ada perbedaan setelah diterapkan model pembelajaran Mind Mapping dan Auditory Intellectually Repetition (AIR). Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Kruskal-Wallis yang menunjukkan hasil Asymp.Sig. 0 033 untuk ranah pengetahuan dan Asymp.Sig. 0 044 untuk ranah sikap dimana apabila signifikansi 8804 0 05 maka H0 ditolak. Sementara itu dilihat dari hasil posttest dan penilaian ranah afektif kelas eksperimen1 dengan perlakuan model pembelajaran Mind Mapping mendapatkan nilai yang lebih baik dari kedua kelas lainnya sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tersebut dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan yang telah dirumuskan. ABSTRACT Fitria Nimas Dian. 2017. The Comparison of Mind Mapping Learning Model and Auditory Intellectually Repetition (AIR) Toward the Process and Learning Outcomes of Students at tenth grade on Computer System Course at Islamic Vocational High School in Batu City. Thesis. Informatics Education Engineering Program Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Drs Wahyu Sakti Gunawan I. M.Kom. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Keywords Mind Mapping Auditory Intellectually Repetition (AIR) Learning outcomes Learning Process The teaching done at the level of Vocational High School (SMK) has 3 aspects that must be achieved by students. The aspect consists of 20% of general programs 40% of basic courses and vocational theory and 40% of vocational practice programs. Basically the basic courses and vocational theories have the same weight but the facts seen in the school show that students tend to ignore the basic and vocational aspects of the program. This is shown in the learning process in the classroom. Students tend to be lazy bored and do not pay attention when teachers explain the course. This causes in an impact to the low learning outcomes of the students. This problem is caused by several factors one of which is the applied leaning model. Therefore it is needed learning model which is believed to be able to overcome the problems by applying the learning model of Mind Mapping and Auditory Intellectually Repetition (AIR). The aims of this research are to (1) know the learning process after the students are given Mind Mapping learning model and Auditory Intellectually Repetitin (AIR) (2) to know the student learning outcomes after given the learning model of Mind Mapping and Auditory Intellectually Repetition (AIR) (3) to know the difference of mean of the student s score after given Mind Mapping learning model (4) to know the difference of student learning outcomes after given the learning model of Auditory Intellectually Repetition (AIR) And (5) to know the difference of learning by using the Mind Mapping and Auditory Intellectually Repetition (AIR) model. Based on the research that has been conducted it is found that there is a difference after the learning model of Mind Mapping and Auditory Intellectually Repetition (AIR) are being applied. This is shown by the result of hypothesis test by using Kruskal-Wallis-test which shows the Asymp.Sig result. 0.033 for the domain of knowledge and Asymp.Sig. 0.044 for the attitude domain where if significance 8804 0.05 then H0 is rejected. Meanwhile the result of posttest and affective domain assessment experimental on class 1 with the Mind Mapping learning model being applied it gets better score than the other two classes so it can be concluded that this learning model can be used in overcoming the problems that have been formulated.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46309

Actions (login required)

View Item View Item