Pengembangan bahan ajar e-learning rancang bangun jaringan kelas XI semester gasal Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK / Yopy Adiantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar e-learning rancang bangun jaringan kelas XI semester gasal Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK / Yopy Adiantoro

Adiantoro, Yopy (2017) Pengembangan bahan ajar e-learning rancang bangun jaringan kelas XI semester gasal Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK / Yopy Adiantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adiantoro Yopy. 2017. Pengembangan Bahan Ajar E-learning Rancang Bangun Jaringan Kelas XI Semester Gasal Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (II) Dr. Eng. Muhammad Ashar S.T. M.T. Kata Kunci pengembangan bahan ajar rancang bangun jaringan Rancang Bangun Jaringan merupakan salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa kompetensi keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) di SMK. Penelitian ini dilatarbelakangi tersedianya jaringan internet dan prasarana yang mendukung serta terbatasnya bahan ajar menggunakan Jaringan internet. Salah satu pemanfaatan Jaringan internet yaitu dengan penggunaan media akses e-learning. Pembelajaran menggunakan e-learning yang mudah diakses oleh siswa dapat dijadikan sebagai pembelajaran yang mandiri serta dapat memberikan inovasi dalam pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka bentuk bahan ajar e-learning yang berupa modul digital (.pdf) dan video pembelajaran (.mp4) dapat dijadikan sebagai solusi dalam pembelajaran menggunakan Jaringan internet untuk mendukung pembelajaran siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah merancang mengembangkan dan menguji kelayakan bahan ajar e-learning mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan. Metode penelitian dan pengembangan yang akan digunakan dalam pengembangan bahan ajar adalah ADDIE. Terdapat 5 langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan yaitu 1) Analisis 2) Desain 3) Pengembangan 4) Implementasi 5) Evaluasi. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan menggunakan angket diperoleh hasil 93 28% dari review ahli 88 75% dari uji coba kelompok kecil dan 89 79% dari uji coba lapangan. Dari hasil analisis data keseluruhan diperoleh nilai rata-rata sebesar 90 60%. Sehingga dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar e-learning pada mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan dinyatakan layak untuk digunakan di sekolah. ABSTRACT Adiantoro Yopy. 2017. Development Of E-Learning Teaching Material to a Networking Design 11thGrade of The Odd Semester in Computer Engineering and Network Expertise at Vocational High School. Thesis Informatics Engineering Education Electrical Engineering Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang. Supervisor (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (II) Dr. Eng. Muhammad Ashar S.T. M.T.. Kata Kunci development teaching material network design Network Design is one of the compulsory subjects for students competence of TKJ (Computer and Networking) skill in Vocational High School as known as SMK. This research is backed by the availability of internet network and supporting infrastructure and limited teaching materials using internet network. One of the utilization of internet is by using media access e-learning. Learning using e-learning media that is easily accessible by students can be used as an independent learning and can provide innovation in learning process so that it can affect student achievement. Based on that the form of e-learning materials in the form of digital modules (.pdf) and video learning (.mp4) can be used as a solution in learning using internet to support student learning. The purpose of this development research is to develop and test the feasibility of teaching materials e-learning subjects Design Network. The research and development methods to be used in the development of teaching materials are ADDIE. There are 5 steps of research and development that is done 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation 5) Evaluation. Based on the result of the experiment that has been done using questionnaire the result is 93 28% from experts 88 75% from small group trial and 89 79% from field trial. From the results of the overall data analysis obtained an average value of 90.60%. So from the results of data analysis can be concluded that the development of teaching materials e-learning on the Network Design subjects is declared eligible for use in vocational high schools.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46306

Actions (login required)

View Item View Item