Pengembangan modul ajar digital interaktif dalam pembelajaran sistem operasi pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tuban / Tresia Febriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar digital interaktif dalam pembelajaran sistem operasi pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tuban / Tresia Febriyanti

Febriyanti, Tresia (2017) Pengembangan modul ajar digital interaktif dalam pembelajaran sistem operasi pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tuban / Tresia Febriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriyanti Tresia. 2017. Pengembangan Modul Ajar Digital Interaktif dalam Pembelajaran Sistem Operasi Pada Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tuban . Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom. Kata kunci Modul bahan ajar Sistem Operasi. Salah satu penyediaan bahan ajar adalah untuk mempermudah proses belajar siswa. Bahan ajar dapat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Pada SMK Negeri 1 Tuban kelas TKJ mata pelajaran Sistem Operasi memiliki kendala dalam proses pembelajaran yaitu hasil belajar siswa berada di bawah (KKM) dari 36 siswa hanya 45% yang sudah mencapai nilai KKM dan sisanya masih berada di bawah KKM. Buku pelajaran yang digunakan saat ini masih bersifat sajian informative menarik siswa untuk mempelajarinya dan BSE belum memenuhi kriteria pembelajaran siswa di SMK Negeri 1 Tuban. Oleh karena itu SMK Negeri 1 Tuban membutuhkan suatu bahan ajar yang dapat digunakan sebagai suplemen untuk membantu siswa dalam memahami materi Pada proses pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan observasi dan penyebaran angket. Dan beberapa subjek oleh ahli materi ahli media dan siswa. Hasil pengembangan modul ajar digital. Kelayakan media pembelajaran dihitung berdasarkan hasil penilaian validasi ahli dan uji coba siswa menggunakan rumus yang mengacu pada Akbar. Penentuan kriteria validitas dan kelayakan modul ajar digital mengacu pada kriteria kelayakan Akbar. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan hasil penilaian dari ahli materi sebesar 95.65%. Hasil penilaian dari ahli media 86.87%. Berdasarkan uji coba siswa hasil uji coba perorangan dengan pencapaian persentase 86.40%. hasil uji coba kelompok kecil dengan pencapaian persentase 89.37%. Sedangkan hasil uji coba lapangan dengan pencapaian persentase sebesar 90.00%. sehingga dapat disimpulkan bahwa modul ajar digital interaktif dapat dinyatakan layak untuk digunakan pada mata pelajaran sistem operasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46302

Actions (login required)

View Item View Item