Hubungan hasil belajar matakuliah basisdata serta komunikasi data dan jaringan komputer dalam menunjang perolehan hasil belajar pada matakuliah basisdata terdistribusi mahasiswa Prodi S1 PTI 2013 UM / Ilham Setyo Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan hasil belajar matakuliah basisdata serta komunikasi data dan jaringan komputer dalam menunjang perolehan hasil belajar pada matakuliah basisdata terdistribusi mahasiswa Prodi S1 PTI 2013 UM / Ilham Setyo Nugroho

Nugroho, Ilham Setyo (2017) Hubungan hasil belajar matakuliah basisdata serta komunikasi data dan jaringan komputer dalam menunjang perolehan hasil belajar pada matakuliah basisdata terdistribusi mahasiswa Prodi S1 PTI 2013 UM / Ilham Setyo Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho Ilham Setyo. 2017. Hubungan Hasil Belajar Matakuliah Basisdata serta Komunikasi Data dan Jaringan Komputer dalam Menunjang Perolehan Hasil Belajar pada Matakuliah Basisdata Terdistribusi Mahasiswa Prodi S1 PTI 2013 Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom. (2) Dr. Eng Anik Nur Handayani S.T. M.T. Kata Kunci hasil belajar matakuliah prasyarat matakuliah keahlian berkarya Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh baik buruknya proses pembelajaran. Apabila proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik maka akan berpengaruh terhadap pencapaian keberhasilan tujuan pembelajaran. Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran matakuliah dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik setelah proses pembelajaran berlangsung. Matakuliah Keahlian Berkarya seperti Basisdata serta Komunikasi Data dan Jaringan Komputer menjadi matakuliah yang dapat dijadikan acuan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran dari matakuliah pilihan Basisdata Terdistribusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matakuliah prasyarat dalam menunjang perolehan hasil belajar pada matakuliah Basisdata Terdistribusi pada mahasiswa prodi S1 PTI 2013 Universitas Negeri Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kuantitatif dan kualitatif dengan penjabaran deskriptif korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika 2013 yang memprogram matakuliah pilihan Basisdata Terdistribusi yang berjumlah 44 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan simultan sebesar 26.2% yang signifikan antara hasil belajar matakuliah prasyarat dalam menunjang perolehan hasil belajar matakuliah Basisdata Terdistribusi. Secara parsial terdapat hubungan yang signifikan antara (1) matakuliah Basisdata (X1) dalam menunjang matakuliah Basisdata Terdistribusi (Y) sebesar 11.3% (2) matakuliah Praktikum Basisdata (X2) dalam menunjang matakuliah Basisdata Terdistribusi (Y) sebesar 8.8% (3) matakuliah Praktikum Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (X4) dalam menunjang matakuliah Basisdata Terdistribusi (Y) sebesar 6 0%. Pada matakuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (X3) terdapat hubungan yang tidak signifikan dalam menunjang matakuliah Basisdata yaitu sebesar 0.1%. ABSTRACT Nugroho Ilham Setyo. 2017. Relationship Learning Outcomes Database Courses also Data Communications and Computer Networks Courses to Support Acquisition Learning Outcomes of Distributed Courses Student of S1 Informatics Engineering Education Study Program 2013 State University of Malang. Thesis Electrical Engineering Department Faculty of Engineering State University of Malang. Advisors (1) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom. (2) Dr. Eng Anik Nur Handayani S.T. M.T. Keywords learning outcomes prerequisite courses work skills courses Learning outcomes of student depend on good or bad of learning process. If the learning process does not work well it will affect the achievement of learning objectives success. Achievement of learning objectives can be seen from the learning outcomes of students. Work skill courses like Database Communications Data and Computer Networks can be used to reference on the learning process for achieve the learning objectives of Distributed Database courses. The purpose of this study was to determine learning outcomes prerequisite courses to support acquisition learning outcomes of Distributed Database courses students of S1 Informatics Engineering Education Study Program State 2013 University of Malang. This study used a quantitative and qualitative model and descriptive correlational method. Population and sample in this research are students of S1 Informatics Engineering Education of 2013 that program Distributed Database courses amount of 44 student. The data were collected through interview and documentation. This study shows that there is a simultaneously significant correlation between learning outcomes prerequisite courses to support acquisition learning outcomes of Distributed Database courses is 26.2%. Partial correlation show that the most supportive course is Database amount of 11.3% Database Work lab amount of 8.8% Data Communications and Computer Networks Work Lab is 6.0% and the smallest support is Data Communications and Computer Networks amount of 0.1%. The conclusion of this study there is a significant correlation between (X1) and (Y) there is a significant correlation between the (X2) and (Y) there is no significant correlation between the (X3) and (Y) there is a significant correlation between the (X4) and (Y) and there is a significant correlation between (X1) (X2) (X3) (X4) simultaneously with (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46297

Actions (login required)

View Item View Item