Pengaruh implementasi blended learning dan e-learning terhadap hasil belajar sistem operasi kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Kota Kediri / Nadia Firdaus Amelia

Amelia, Nadia Firdaus (2017) Pengaruh implementasi blended learning dan e-learning terhadap hasil belajar sistem operasi kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Kota Kediri / Nadia Firdaus Amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amelia, Nadia Firdaus.2017. Pengaruh Implementasi Blended Learning dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Sistem Operasi Kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Ir.H.Syaad Patmanthara,M.Pd., (II) Muhammad Zainal Arifin,S.Si., M.Kom Kata kunci : Metode, Blended Learning, E-learning, Hasil Belajar Hasil observasi pada kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Kota Kediri diperoleh hasil dalam proses belajar mengajar sekolah ini masih menggunakan metode pembelajaran ceramah yang membuat siswa mudah jenuh dan bosan, sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran dan menyebabkan keaktifan siswa untuk belajar berkurang. Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai di gunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran materi Sistem Operasi. Pembelajaran Blended Learning merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan media E-Learning dan mengkombinasikan tatap muka untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X-TKJ 1 (33 siswa) sebagai kelas eksperimen 1 dan X-TKJ 2 (33 siswa) sebagai kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 adalah kelas yang diajar menggunakan model blended learning yaitu kombinasi antara tatapmuka dengan online dan kelas eksperimen 2 adalah kelas yang diajar menggunakan model online. Instrumen penetilian terdiri dari instrumen penelitian dan pengukuran. Dari perolehan data yang didapatkan, bahwa nilai posttest tertinggi kelas eksperimen 1 setelah diberi pengaruh menggunakan model pembelajaran Blended Learning yaitu 98,00 dan nilai terendah 54,00. Sedangkan kelas eksperimen 2 yang menggunakan model E-Learning mendapatkan nilai maksimum 90,00 dan nilai terendah 60,00. Dari data tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen 1 setelah diberikan treatment pembelajaran menggunakan model Blended Learning. Selain itu, setelah dilakukan uji-t hasil belajar diperoleh hasil nilai Sig. 2-tailed dengan perlakuan model blended learning dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Sedangkan Sig. 2-tailed perlakuan model e-learning dengan nilai signifikasi 0,000< 0,05 maka H0 ditolak. Kesimpulan dalam penelitian menunjukan bahwa: (1) adanya kenaikan hasil belajar dengan perlakuan model blended learning; (2) adanya kenaikan hasil belajar dengan perlakuan model e-learning; dan (3)adanya perbedaan hasil belajar dengan perlakuan model blended learning dan e-learning Sig. 0,00<0,05. ABSTRACT Amelia, Nadia Firdaus.2017. Influence Implementation of Blended Learning and E-Learning Against Learning Outcomes The Operating System Computer Engineering Department Network Class X Vocational School 1 Kediri. Thesis, Study Program of Information Engineering, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, University of Malang Supervisor: (I) Dr.Ir.H.Syaad Patmanthara,M.Pd., (II) Muhammad Zainal Arifin,S.Si., M.Kom. Keywords: Method, Bended Learning, E-Learning, Learning Outcomes Keywords: Method, Blended Learning, E-Learning, Learning Outcomes Based on the results of observation on class x tkj in SMK Negeri 1 Kota Kediri information was obtained that the learning process school is still using a method of talks learning which makes students easily saturated and bored, so that students not interesting to following lessons and cause studentÔÇÖs activity to study is reduced . Method learning selection is very determining the quality of learning .One of method learning that fits in using as alternatives in operating systemÔÇÖs subject learning. The learning of blended learning is the learning methods that use e-learning media and combined face-to-face to improve students activity . The kind of research used in this research is quasi experimental with the use Pretest-Posttest Control Group Design .The research' sample was taken with techniques purposive of sampling. Research samples is class x-tkj 1 ( 33 students ) as a experiment 1 class and x-tkj 2 ( 33 students ) as a experiment 2 class .The experiment 1 class was a class who had use the model blended learning that is the combination of face-to-face with online, and experiment 2 class is class who had use the online model. An research instrument consist of an research instrument and measurements. Form the data , got a value posttest highest class experiment 1 after its received influence used the learning model blended learning that is 98,00 and the lowest value 58,00 .While class experiment 2 used the e-learning model got a maximum score 90,00 and the lowest value 60,00. From the data , it can be seen that is the significant on class experiment having given treatment learning used the model of blended learning . Value sig.2-tailed but model blended learning with the significance in 0,000 & lt; 0.05 so h0 rejected.While sig.2-tailed treatment model e-learning with the significance in 0,000 & lt; 0.05 so h0 rejected. Conclusions in research suggests that: (1)increase study results model with treatment blended learning; (2)increase study results model with treatment e-learning; and (3)differences in study results model with treatment blended learning and e-learning sig .0,00< 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46290

Actions (login required)

View Item View Item