Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran keamanan jaringan di SMK / Muh. Rizqi Ardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran keamanan jaringan di SMK / Muh. Rizqi Ardiansyah

Ardiansyah, Muh. Rizqi (2017) Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran keamanan jaringan di SMK / Muh. Rizqi Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiansyah Muh. Rizqi 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Keamanan Jaringan di SMK. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (2) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Keamanan Jaringan Keamanan Jaringan merupakan salah satu mata pelajaran pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK dimana penjelasan akan mudah dipahami dari praktek secara langsung dibandingkan teori saja tetapi tidak semua materi bisa dipelajari dengan cara praktek salah satunya yaitu pada topik bahasan kemungkinan ancaman dan serangan terhadap keamanan jaringan yang berisi mengenai jenis-jenis ancaman dan serangan pada keamanan jaringan. Sehingga diperlukan visualiasi yang jelas dalam menampilkan tampilan materi tersebut. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dalam penyampaian materi guru menyampaikan topik bahasan tersebut dengan menampilkannya dalam bentuk presentasi Power Point dan juga menjelaskan secara langsung dengan metode ceramah. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa cenderung kurang termotivasi dan malas pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung hal ini dapat dilihat dari tingkah laku siswa yang berbicara sendiri dan tidak memperhatikan pada saat guru menjelaskan di depan kelas. Berdasarkan masalah tersebut maka diperlukan media pembelajaran yang dapat menampilkan visualisasi yang dapat mudah dipelajari dan dimengerti oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif keamanan jaringan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Subjek uji coba bahan ajar adalah siswa SMK Kelas XI program keahlian TKJ di SMK Negeri 10 Malang. Media pembelajaran interaktif yang sudah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta di uji coba kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh hasil validasi dengan persentase sebesar 85 93% oleh ahli materi 1 95 31% oleh ahli materi 2 dan 92 04% oleh ahli media. Pada hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 84 94% dan hasil uji coba kelompok besar sebesar 90 11%. Berdasarkan hasil validasi ahli materi ahli media uji kelompok kecil dan uji kelompok besar didapatkan skor persentase rata-rata sebesar 89 66%. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran keamanan jaringan di SMK ini sangat layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46281

Actions (login required)

View Item View Item