Perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dan direct instruction pada matapelajaran Jaringan Dasar kelas X di SMK Negeri 6 Malang / Agnes Andani Rais - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dan direct instruction pada matapelajaran Jaringan Dasar kelas X di SMK Negeri 6 Malang / Agnes Andani Rais

Rais, Agnes Andani (2017) Perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dan direct instruction pada matapelajaran Jaringan Dasar kelas X di SMK Negeri 6 Malang / Agnes Andani Rais. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andani Agnes. 2017. Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning dan Direct Instruction pada Matapelajaran Jaringan Dasar Kelas X di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) Dr. Hary Suswanto M.T. Kata kunci Problem Based Learning Direct Instruction Motivasi Hasil Belajar Jaringan Dasar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMK Negeri 6 Malang pada kelas X matapelajaran Jaringan Dasar adalah sebagai berikut (1) Pembelajaran Jaringan Dasar diajarkan menggunakan model pembelajaran kovensional (Direct Instruction) (2) Hasil belajar siswa masih tergolong rendah kurang dari 75 KKM yang ditetapkan oleh sekolah (3) Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat dan membuat proses pembelajaran cukup membosankan (4) menurunya motivasi belajar. Untuk itu agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar dan tercapainya tujuan pembelajaran dalam matapelajaran Jaringan Dasar perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan berupa hasil belajar pretest dan posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (2) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan berupa hasil belajar posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (3) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Direct Instruction. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji-t dan uji Anava. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil pretest dan posttest yang signifikan pada model pembelajaran Problem Based Learning yang dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest 61 00 dan posttest 86 64 dengan nilai sig 0 05 yaitu 0 000. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Direct Instruction yang dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest 57 55 dan nilai rata-rata posttest 73 47. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0 05 yaitu 0 000. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efisien dan efektif untuk diterapkan pada matapelajaran Jaringan Dasar di SMK Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46276

Actions (login required)

View Item View Item