Pengembangan e-modul interaktif pada mata pelajaran Pemrograman Web untuk siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bangil / Akhmad Syaiful Arief

Arief, Akhmad Syaiful (2017) Pengembangan e-modul interaktif pada mata pelajaran Pemrograman Web untuk siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bangil / Akhmad Syaiful Arief. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syaiful Arief, Akhmad. 2016. Pengembangan E-module Interaktif pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Untuk Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bangil. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom., (2) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan ajar, Modul digital interaktif. Mata Pelajaran Pemrograman Web merupakan bagian dari program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang membantu siswa dalam mempelajari proses cara pembuatan sebuah halaman web. Pada proses pembelajaran siswa dihadapkan dengan permasalahan yaitu terbatasnya bahan ajar, dan sumber yang ada masih kurang sesuai dan tidak sistematis sehingga menyebabkan proses belajar siswa tidak maksimal dan mengakibatkan nilai masih dibawah KKM. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan sebuah inovasi dalam pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru, dengan itu diperlukannya sebuah bahan ajar berupa e-module interaktif untuk mendukung pembelajaran siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk merancang bahan ajar, mengembangkan bahan ajar pemrograman web berupa e-module interaktif, dan menguji tingkat validasi dan kelayakan bahan ajar e-module interaktif pada mata pelajaran Pemrograman Web. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Adapun langkah-langkah model pengembangan ADDIE yaitu: (a) Analysis, (b) Design, (c) Development, (d) Implementation, dan (e) Evaluation. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan menggunakan angket, diperoleh hasil 91,67% dari ahli media, 91,67% dari ahli materi, 92,93% dari uji coba kelompok kecil, dan 92,43% dari uji coba kelompok besar. Rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 92,17% berdasarkan hasil analisis data keseluruhan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik interaktif pada mata pelajaran Pemrograman Web dinyatakan layak untuk digunakan di sekolah. ABSTRACT Syaiful Arief, Akhmad. 2016. Development of Interactive E-Module on the Study of Web Programming for TKJ Students of Tenth Grade in State Vocational High School of Bangil. Thesis, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, University of Malang. Supervisor: (1) Drs. Sakti Wahyu G.I., M. Kom., (2) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T. Keywords: Development, Teaching materials, Interactive digital module. Subjects Programming Web is part of the Computer Engineering and Networks expertise that helps students in learning the process of how to manufacture a web page. In the learning process of students are faced with the problems of the lack of teaching materials and resources available still less appropriate and not systematically causing the student's learning process was not optimal and the resulting value is below standard. Based on this required an innovation in learning that can support the students' learning process either independently or with the guidance of teachers, with the need for an e-learning material in the form of interactive module to support student learning. The purpose of this research and development is to design teaching materials, develop teaching materials in the form of web programming interactive e-module, and test-level validation and feasibility of e-learning materials on subjects interactive module Web Programming. Development model used in this study is the ADDIE development model. The steps ADDIE development model that is: (a) Analysis, (b) design, (c) Development, (d) Implementation, and (e) Evaluation. Based on the results of experiments performed using a questionnaire, the results obtained 91.67% of media experts, 91.67% of subject matter experts, 92.93% of the small group trial, and 92.43% of the large group trial. The average grade obtained at 92.17% based on the overall data analysis. From the results of data analysis can be concluded that the development of interactive electronic modules on subjects Programming Web declared eligible for use in schools.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46273

Actions (login required)

View Item View Item