Pengembangan buku digital interaktif berbasis flipping book pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas XI di SAMA Negeri 1 Pesanggaran / Rusdha Aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku digital interaktif berbasis flipping book pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas XI di SAMA Negeri 1 Pesanggaran / Rusdha Aulia

Aulia, Rusdha (2017) Pengembangan buku digital interaktif berbasis flipping book pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas XI di SAMA Negeri 1 Pesanggaran / Rusdha Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aulia Rusdha. 2017. Pengembangan Buku Digital Interaktif Berbasis Flipping Book pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI di SMAN 1 Pesanggaran. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Dr. Eng. Anik Nur Handayani S.T. M.T. Kata Kunci flipping book buku digital interaktif TIK Dalam berjalannya proses pembelajaran Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 1 Pesanggaran guru menjadi sumber belajar utama disamping buku ajar yang telah disiapkan sekolah. Guru menjelaskan berdasarkan buku ajar dan terkadang dibantu dengan slide presentasi agar siswa lebih tergambar dengan praktikum materi yang telah disampaikan. Fasilitas yang telah disediakan sekolah untuk mendukung proses pembelajaran belum digunakan secara maksimal. Siswa masih sangat bergantung terhadap guru saat di kelas dan buku ajar untuk praktikum TIK yang dilakukan secara mandiri. Hal ini menjadi kendala bagi siswa dalam memahami materi yang akan dipraktikkan. Pengembangan buku digital interaktif berbasis flipping book dapat menjadi salah satu media yang dapat digunakan dalam mempermudah proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun digunakan secara mandiri. Flipping book ini berisi materi yang padat dan sistematis dengan dilengkapi video sebagai simulasi praktik yang memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Selain itu flipping book yang dikembangkan juga terdapat soal evaluasi yang membantu siswa dalam belajar soal jawab materi di setiap bab. Tujuan penelitian ini adalah merancang mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan buku interaktif berbasis flipping book pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI di SMA Negeri 1 Pesanggaran. Oleh karena itu buku akan dikembangkan berdasarkan kondisi dan kebutuhan serta diukur tingkat kelayakan baik dari segi materi yang disampaikan desain pembelajaran tampilan pengoperasian dan aspek perangkat lunak hasil pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Dick dan Carey. Sembilan langkah pengembangan yang diambil dari model ini yaitu (1) analisis kebutuhan dan tujuan (2) analisis pembelajaran (3) analisis pembelajar (siswa) dan konteks (4) merumuskan tujuan performansi atau unjuk kerja (5) mengembangkan instrumen atau alat tes (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif dan (9) melakukan revisi. Dalam uji review ahli didapatkan presentase hasil yaitu review ahli materi sebesar 93 75% dan review ahli media sebesar 89 53%. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba diperoleh persentase dalam uji coba prototipe sebesar 78 4% uji coba skala kecil sebesar 84 42% dan uji coba lapangan sebesar 84 40%. Berdasarkan kriteria kelayakan menurut Akbar dan Sriwiyana (2010) seluruh hasil penelitian baik dari review ahli maupun hasil uji coba menunjukkan nilai di atas 75 01% yang berarti tingkat validitas ahli dan tingkat kelayakan pengguna sangat valid sehingga flipping book yang dikembangkan dapat digunakan tanpa revisi dan layak digunakan. 8195 Aulia Rusdha. 2017. Development of Flipping Book-Based Interactive Digital Book in Information and Communication Technology Subject for Class XI of State Senior High School 1 of Pesanggaran. Minithesis. Informatic Engineering Education Program. Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering State University of Malang. Advisor (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Dr. Eng. Anik Nur Handayani S.T. M.T. Keyword flipping Book. Interactive Digital Book ICT In the learning process goes Subjects of Information and Communication Technology (ICT) in State Senior High School 1 Pesanggaran the teacher becomes the main source of learning beside the textbook has been prepared school. Teacher explained based textbooks and sometimes use a slide presentation in order that students are better illustrated with practical material that has been delivered. The facilities provided school to support the learning process has not been used optimally. Students are still very dependent on the teacher brings to the classroom and textbooks for ICT lab work done independently. This is an obstacle for students to understand the material that will be practiced. Development of flipping-book-based interactive digital book can be one of the media that can be used to facilitate the learning process both in the classroom and used independently. This flipping book contains solid material and systematic equipped with video as a simulation practices that help students understand the material presented. Additionally flipping book developed also include evaluation quiz that help students to learn about the question-answer of the material in each chapter. The purpose of this study is to design develop and determine the feasibility of Flipping Book-Based Interactive Digital Book in Informatics and Communication Technology Subject for Class XI of State Senior High School 1 of Pesanggaran. Therefore the book will be developed based on the conditions needs and feasibility level is measured both in terms of the material presented instructional design visual display operational way and software aspects of the development. Development model used in this research is the Dick and Carey s. Nine steps taken development of this model are (1) analysis of the needs and objectives (2) analysis of learning (3) analysis of the learners (students) and context (4) formulate the performance objectives or performance (5) develops instruments and test kits (6) develop learning strategies (7) the development and selection of learning materials (8) design and conduct formative evaluation and (9) revisions. In expert reviews test results obtained percentages that material expert reviews of 93.75% and a media expert review amounted to 89.53%. While based on the test results obtained in prototype testing percentage of 78.4% small-scale trials by 84.42% and the field trials of 84.40%. Based on the eligibility criteria of Akbar and Sriwiyana (2010) all the research results of the review expert and the test results show values above 75.01% which means that the validity and feasibility experts very valid users. Flipping book that developed can be used without revision and fit for use.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46268

Actions (login required)

View Item View Item