Pengembangan bahan ajar digital berbasis epub untuk menunjang matakuliah game edukasi pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Ristania Fitri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar digital berbasis epub untuk menunjang matakuliah game edukasi pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Ristania Fitri Wulandari

Wulandari, Ristania Fitri (2017) Pengembangan bahan ajar digital berbasis epub untuk menunjang matakuliah game edukasi pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Ristania Fitri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Ristania Fitri 2016.Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Epub Untuk Menunjang Matakuliah Game Edukasi Pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eng. Anik Nur Handayani S.T. M.T. (2) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Kata Kunci Bahan Ajar Digital Game Edukasi Epub. Salah satu tujuannya dari matakuliah Game Edukasi di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang adalah mendesain game yang menarik untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Sehingga kemampuan untuk dapat menguasai aplikasi pembuat game (game engine) sangat dibutuhkan. Berdasarkan hasil observasi terhadap mahasiswa yang telah mengikuti matakuliah Game Edukasi 90% mahasiswa belum memahami bahasa pemrograman yang digunakan dan membutuhkan sumber belajar mandiri berupa modul. Berdasarkan uraian tersebut dibutuhkan pengembangan dan penambahan bahan ajar yang lebih inovatif dan menarik untuk penunjang matakuliah Game Edukasi. Bahan ajar yang dimaksud merupakan bahan ajar digital dalam bentuk Epub. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) Merancang bahan ajar berupa modul digital berbasis epub untuk matakuliah Game Edukasi. (2) Menghasilkan bahan ajar berupa modul digital berbasis epub untuk matakuliah Game Edukasi (3) Menguji hasil pengembangan untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki langkah-langkah sebagai berikut (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation Hasil uji coba produk yang telah dilaukuan pada 3 (tiga) kelompok responden diperoleh hasil sebagai berikut (1) ahli media menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan presentase 88.71% (2) ahli materi menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan presentase 95% (3) mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika menyatakan valid dan layak digunakan dengan presentase 86 25% pada uji coba kelompok kecil dan 88.60% pada uji coba kelompok besar. ABSTRACT Wulandari Ristania Fitri 2016. Developing Digital Learning Material of Game-Based Learning Course Based on EPUB in S1 Informatics Engineering Education of Electrical Engineering Department of Universitas Negeri Malang. Skripsi. Department of Electrical Engineering of Engineering Faculty State Universitas Negeri Malang Adviser (1) Dr. Eng. Anik Nur Handayani S.T. M.T. (2) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Key Word Digital Learning Material Game-Based Learning Course EPUB. The purpose of Game-Based Learning course in Department of Electrical Engineer State University of Malang is to design and produce an attractive game that can enhance student s learning motivation. Therefore the skills to use the game engine are important. Based on the observation from student of Undergraduate of Informatics Engineering Education who have taken Game-Based Learning course shows that 90% of student have not understood the programing language used. Students are lack in modules for self-learning materials. Because of those reasons developing and producing an innovative learning material for Game-Based Learning course is needed. The purposes of this developed research are (1) designing a digital module based on EPUB as learning material of Game-Based Learning course. (2) producing digital module based on EPUB as learning material of Game-Based Learning course. (3) knowing the feasibility of the developed product. The developmental method used in this research is ADDIE s method. The steps are (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation The results of the product experiment conducted by three respondent groups are (1) That the expert media stated the product is valid and proper to be used with 88.71% of validating percentage (2) That the expert material stated the product is valid and proper to be used with 95% of validating percentage (3) That the Student of Undergraduate of Informatics Engineering Education 2013 stated this product is valid and feasible to use with 86 25% of validating percentage in small group trial and 88.60% of validating percentage in large group trial. Therefore the developed digital learning materials has filled the criteria of validation and feasibility to be used in Game Based Learning course.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46263

Actions (login required)

View Item View Item