Perbedaan model pembelajaran Guide Inquiry (GI) dan Project Based Learning (PJBL) terhadap kemampuan logika pemrograman pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK PGRI 3 Malang / Aprilia Susi Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan model pembelajaran Guide Inquiry (GI) dan Project Based Learning (PJBL) terhadap kemampuan logika pemrograman pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK PGRI 3 Malang / Aprilia Susi Susanti

Susanti, Aprilia Susi (2017) Perbedaan model pembelajaran Guide Inquiry (GI) dan Project Based Learning (PJBL) terhadap kemampuan logika pemrograman pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK PGRI 3 Malang / Aprilia Susi Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanti Aprilia Susi. 2014. Perbedaan Model Pembelajaran Guide Inquiry (GI) dan Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Logika Pemrograman pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara. Pembimbing (II) Triyanna Widiyaningtyas ST. MT. Kata Kunci Guide Inquiry Project Based Learning (PJBL) Kemampuan Logika Pemrograman Dasar Berdasarkan hasil observasi nilai ulangan pengetahuan siswa yang memiliki nilai dibawah KKM. Siswa hanya berfokus pada tugas proyek tanpa benar benar memahami pengetahuan dari materi yang diberikan. Untuk memahami mata pemrograman dasar tidak hanya diperlukan kemampuan ketrampilan tetapi juga dengan kemampuan logika. Pemilihan model pembelajaran yang tepat berperan penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui hasil belajar dari kemampuan logika pemrograman pada model pembelajaran Project Based Learning (2) mengetahui hasil belajar dari kemampuan logika pemrograman pada model pembelajaran Guide Inquiry dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar dari kemampuan logika pemrograman dari 2 model tersebut. Metode penelitian eksperimen yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk Randomized Subject Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XII-RPL A (32 siswa) sebagai kelas eksperimen dan XII-RPL B (32 siswa) sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar menggunakan model Guide Inquiry dan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan model Project Based Leraning. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen penelitian dan pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Guide Inquiry memperoleh nilai rata-rata posttest maksimun 95 0 dan minimum 75 0. Sedangkan kelas kontrol dengan model pembelajaran Project based Learning memperoleh nilai posttest maksimum 85 0 dan minimum 65 0. Kemudian dilakukan uji-t hasil belajar dari kemampuan logika diperoleh hasil t_hitung 5 915 dan t_tabel 2 000. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan logika kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan terdapat signifikansi perbedaan kemamampuan logika antara kelas eksperimen yang diberi metode GI dengan kelas kontrol yang menggunakan metode PJBL. ABSTRACT Susanti Aprilia Susi. 2014. Differences Guide Inquiry (GI) Learning Model and Project Based Learning ( PJBL ) Towards Logic Programming Capability for Programming Basic Subjects in SMK PGRI 3 Malang . Thesis Proposal Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering State University of Malang. Advisor (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara. Advisor (II) Triyanna Widiyaningtyas ST. MT. Keyword Guide Inquiry Project Based Learning ( PJBL ) Ability Logic Programming Basics Based on the observation of the knowledge test scores of students who have grades below the KKM. Students are only focused on project work without properly -Right understand the knowledge of the material provided. To understand the eye is not only necessary basic programming skills capabilities but also with the ability of logic. Selection of appropriate learning models play an important role in the achievement of learning objectives. The purpose of this study was to (1) determine the learning outcomes of the ability of logic programming in learning model Project Based Learning (2) determine the learning outcomes of the ability of logic programming in learning model Guide Inquiry and (3) determine differences in learning outcomes of the ability of the programming logic of 2 models. Experimental research method used is True Experimental Design Randomized Subject to form pretest-posttest control group design. Samples are class XII-RPL A (32 students) as an experimental class and RPL XII-B (32 students) as the control class. Experimental class is a class that is taught using a model Guide Inquiry and the control class is the class taught using Project Based leraning models. The research instrument consisted of research and measurement instruments. Results showed that the experimental class using model Guide Inquiry obtain an average value posttest maximum 95.0 and minimum 75.0. While the control class learning model based Learning Project posttset obtain maximum value of 85.0 and minimum 65.0. Then do the t-test study results from the ability of logic results t_hitung 5 915 and t_tabel 2 000. Based on the data obtained it can be concluded that the average value of the experimental class logic skills higher than the control class and there are significant differences between the experimental class logic skills by GI method to control classes using PJBL method.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46261

Actions (login required)

View Item View Item