Pengembangan e-modul berbasis flipbook pada mata pelajaran pemrograman dasar dengan model problem based learning untuk kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 6 Malang / Emy Sulistyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis flipbook pada mata pelajaran pemrograman dasar dengan model problem based learning untuk kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 6 Malang / Emy Sulistyani

Sulistyani, Emy (2017) Pengembangan e-modul berbasis flipbook pada mata pelajaran pemrograman dasar dengan model problem based learning untuk kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 6 Malang / Emy Sulistyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sulistyani Emy. 2016. Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Dengan Model Problem Based Learning Untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smkn 6 Malang. Proposal Skripsi Program Studi Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom (II) Dr. Eng. Anik Nur Handayani S.T. M.T. Kata Kunci E-Modul Flipbook Problem Based Learning Pemrograman Dasar PHP Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul elektronik Pemrograman Dasar dengan model Problem Based Learning (PBL) dan untuk mengetahui seberapa layak produk tersebut sebagai sumber belajar untuk siswa kelas X di SMK Negeri 6 Malang. Pengembangn e-modul berbasis PBL disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang. Pengembangan e-modul dilakukan untuk memberikan fasilitas dan suasana pembelajaran yang bersifat kontekstual mandiri dan disesuaikan dengan model kurikulum 2013. E-Modul yang dikembangkan merujuk pada model pengembangan Dick dan Carey. Terdapat sembilan tahapan pengembangan yaitu (1) mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan tujuan umum pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) menganalisis karakteristik siswa (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) mengembangkan instrumen penelitian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif pembelajaran (9) merevisi produk. Materi yang dikaji dalam e-modul yang dikembangkan adalah bahasa pemrograman Hypertext Preprossesor (PHP). Karakteristik e-modul yang dikembangkan terdapat integrasi PBL integrasi materi PHP dan pemaketan produk berupa program aplikasi (.exe). Diharapkan hasil pengembangan e-modul dengan model PBL dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam mempelajari materi bahasa pemrograman Dasar PHP. Hasil produk modul elektronik dinyatakan layak digunakan menurut ahli media dan materi dengan persentase 87 1% dan 94 82% sedangkan menurut tanggapan siswa sebagai respon pengguna dinyatakan layak dengan persentase rata-rata 87 98%. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa modul elektronik layak digunakan sebagai pedoman siswa dan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46253

Actions (login required)

View Item View Item