Group investigation untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VIII di MTs Al Istiqomah Dungus Kabupaten Madiun / Bhadra Sukakara - Repositori Universitas Negeri Malang

Group investigation untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VIII di MTs Al Istiqomah Dungus Kabupaten Madiun / Bhadra Sukakara

Sukakara, Bhadra (2017) Group investigation untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VIII di MTs Al Istiqomah Dungus Kabupaten Madiun / Bhadra Sukakara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukakara Bhadra. 2016. Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII A Di MTs Al Istiqomah Dungus Kabupaten Madiun. Skripsi. Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H Syaad Patmanthara M.Pd. (II) M. Zainal Arifin S.SI M.Kom. Kata Kunci Group Investigation Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Permasalahan dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di MTs Al Istiqomah Dungus Kabupaten Madiun kelas VIII A antara lain (a) materi dalam pembelajaran cenderung disampaikan dengan metode ceramah (b) hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Group Investigation melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Dimana pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan meliputi 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa hasil observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif dengan rata-rata nilai hasil belajar yang sebelumnya sebesar 75 46% pada awal siklus I menjadi 85 56% di akhir siklus II. Pada ranah afektif mengalami peningkatan menjadi 93 17% pada akhir siklus II. Sedangkan pada ranah psikomotor juga mengalami peningkatan menjadi 91 33% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A di MTs Al Istiqomah Dungus Kabupaten Madiun. Peneliti menyarankan agar dalam penelitian tindakan kelas selanjutnya menggunakan tiga siklus sehingga didapatkan hasil yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46251

Actions (login required)

View Item View Item