Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pemrograman web bagi siswa SMK Program Keahlian RPL kelas X / Iin Choiriyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pemrograman web bagi siswa SMK Program Keahlian RPL kelas X / Iin Choiriyawati

Choiriyawati, Iin (2017) Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pemrograman web bagi siswa SMK Program Keahlian RPL kelas X / Iin Choiriyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Choiriyawati I. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Bagi Siswa SMK Program Keahlian RPL Kelas X. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran pemrograman web Media pembelajaran interaktif merupakan aplikasi yang menggabungkan beberapa media (teks suara dan gambar) dan dilengkapi dengan menu navigasi yang dapat dikontrol oleh pengguna dengan tujuan untuk menyampaikan informasi atau pesan serta merangsang pikiran perasaan perhatian dan kemauan pengguna untuk belajar sehingga terjadi proses pembelajaran yang terkendali dan sesuai dengan tujuan bidang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Negeri 11 Malang menyatakan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara guru menjelaskan materi dan siswa mencatat poin penting materi kemudian siswa diminta untuk menyelesaikan suatu study kasus dan mempresentasikan hasil pekerjaan mereka. Selain itu implementasi study kasus diterapkan melalui media komputer dengan cara praktik langsung. Namun tidak semua siswa dapat menerima materi yang diajarkan dan praktik yang dilakukan secara langsung pada saat pembelajaran berlangsung. Hal tersebut berakibat tidak semua siswa memahami materi yang diajarkan dikelas. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran ini adalah model R D menurut Sugiyono terdapat langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai hasil yang diharapkan adapun tahap tahapannya adalah 1) Potensi dan Masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Uji Coba Pemakaian 6) Revisi produk 7) Uji Coba Produk 8) Revisi Desain 9) Revisi Produk 10) Produksi Massal. Subjek uji coba dalam pengembangan yaitu ahli media ahli materi dan siswa SMK Negeri 11 Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner rating scale dan dihitung menggunakan rumus menurut Akbar. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka didapat presentase validitas 85 3% dari ahli media 86 8% dari ahli materi 83 4% dari hasil uji coba kelompok kecil dan 85 1% dari hasil uji coba kelompok besar. Didapatkan rata-rata uji validasi sebesar 86% dan rata-rata uji coba media sebesar 84.2% dengan total rata-rata keseluruhan 85.1% yang berarti layak dari batas minimal presentase sebesar 85%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pemrogrman web valid dan layak digunakan sebagai media bantu dalam pembelajaran di kelas maupun digunakan secara individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46247

Actions (login required)

View Item View Item