Pengembangan modul ajar untuk mata pelajaran pemrograman grafik kelas XII RPL semester 1 di SMK Negeri 12 Malang / Wildan Mochamad Arif Kadafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar untuk mata pelajaran pemrograman grafik kelas XII RPL semester 1 di SMK Negeri 12 Malang / Wildan Mochamad Arif Kadafi

Kadafi, Wildan Mochamad Arif (2017) Pengembangan modul ajar untuk mata pelajaran pemrograman grafik kelas XII RPL semester 1 di SMK Negeri 12 Malang / Wildan Mochamad Arif Kadafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kadafi Wildan Mochamad Arif. 2016. Pengembangan Modul Ajar untuk Mata Pelajaran Pemrograman Grafik Kelas XII RPL Semester 1 di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Kata Kunci Modul Pemrograman Grafik SMK RPL Semester I Kelas XII. Pelajaran pemrograman grafik merupakan pelajaran peminatan pada setiap kelas XII untuk bidang keahlian RPL di SMKN 12 Malang yang berpedoman pada Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru serta observasi selama ini belum adanya sumber belajar pegangan yang sesuai. Hal ini dikarenakan mata pelajaran ini masih dikategorikan dalam mata pelajaran baru untuk Jenjang SMK. Selama ini sumber materi yang diajarkan masih terpecah-pecah dari berbagai sumber baik dari buku maupun internet. Dengan ketidak adaan sumber belajar seperti halnya modul pegangan siswa dan keterbatasan kelengkapan alat penunjang siswa mengakibatkan kurang tertariknya minat siswa dalam mempelajari pemrograman grafik. Sehingga dibutuhkan eksperimen berupa pengembangan yang dibuat guna mengembangkan modul ajar mata pelajaran pemrograman grafik. Pengembangan modul ajar pemrograman grafik SMK kelas XII semester 1 ini menggunakan model pengembangan dick and carey yang terdiri dari 9 tahap yaitu a. Mengidentifikasi tujuan bahan ajar b. Melakukan analisis bahan ajar c. Mengidentifikasi kemampuan awal d. Menentukan tujuan performansi e. Mengembangkan kriteria untuk uji produk f. Mengembangkan strategi pembelajaran g. Mengembangkan dan menyeleksi bahan ajar h. Merancang dan melaksanakan penilaian formatif i. Revisi. Hasil dari pengembangan ini berupa modul cetak pemrograman grafik untuk guru dan siswa. Setelah dilakukan uji coba didapatkan hasil persentase sebesar 86 8% dari ahli media 89 8% dari ahli materi 87 3% dari uji kelompok kecil dan 88 4% dari uji kelomok besar. Sehingga persentase rata-rata menurut ahli didapatkan nilai persentase sebesar 88 3%. Sedangkan persentase rata-rata oleh responden berupa siswa dari kelompok kecil dan kelompok besar siswa sebesar 87 9%. Maka menurut kriteria kelayakan oleh Akbar dan Sriwiyana (2011 207) modul ini dinyatakan sangat valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46245

Actions (login required)

View Item View Item