Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif matapelajaran sistem operasi semester ganjil kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Islam Batu / Reti Avitananda Sritama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif matapelajaran sistem operasi semester ganjil kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Islam Batu / Reti Avitananda Sritama

Sritama, Reti Avitananda (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif matapelajaran sistem operasi semester ganjil kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Islam Batu / Reti Avitananda Sritama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sritama Reti Avitananda. 2016. Pengembangan Media PembelajaranBerbasis Multimedia InteraktifMatapelajaranSistemOperasi Semester GanjilKelas X Program KeahlianTeknikKomputerJaringan di SMK Islam Batu. Skripsi Program StudiPendidikanTeknikInformatika JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Dr. Ir. H. SyaadPatmanthara M.Pd. (2) TriyannaWidiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci Media pembelajaran Multimedia Interaktif Pengembangan SistemOperasi. SMK Islam Batumemilikiperalatan multimedia yang memadai. Sekolahmemiliki LCD Proyektor yang dipasangpadasetiapruangkelasdanlaboratorium yang tentunyaakanmenunjangpemelajaranmenggunakan multimedia interaktif. Tetapi media yang digunakanmenyampaikanmaterimasihsangatsederhanayaitumenggunakan media dalambentukPowerPointdanpdf yang sebagianbesarberbentukteks. Hal inimenyebabkankegiatanbelajarmengajarmenjadikurangmaksimalkarena media pembelajaran yang bersifatsearah. Penggunaan media pembelajaran multimedia interaktifdirasatepatuntukmembantumengatasiketerbatasantersebutkarenatidakmemerlukanbiaya yang mahal. Tujuandaripengembanganiniadalahmengembangkan media pemelajaraninteraktifmatapelajaransistemoperasidanmengujikelayakannya. Model pengembangan yang digunakanpadapenelitiandanpengembangan media pembelajaraniniadalah modelpengembangan ADDIE. Adapunlangkah-langkahpenelitianadalahsebagaiberikut (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanangketujicobapada media pembelajaran yang meliputi (1) validasi media (2) validasimateri (3) ujicobaperseorangan (4) ujicobaskalakecildan (5) ujicobaskalabesar. Subjekujicobadalampengembanganvisualisasiiniadalahahlimateri ahli media danpesertadidikkelas X TKJ. Hasilakhirdariskripsiiniberupaproduk media pembelajaraninteraktifmatapelajaranSistemOperasiuntukkelas X TKJ SMK Islam Batu. Komponen yang terdapatdidalamnyaterdiridarihalamanawal halaman menu utama halamanmateri danhalamanevaluasi. Setelahmelakukanujicobadiperoleh data akhirsebagaiberikut 88 16% untukahli media yang berartisangat valid 89 77% untukahlimateri yang berartisangat valid 86 67% untukujicobaperseorangan yang berartisangatlayak 88 25% untukujicobakelompokkecil yang berartisangatlayak 90 2% untukkelompokbesar yang berartisangatlayak. Dari hasilujicobakeseluruhan dapatdisimpulkanbahwa media yang telahdikembangkansangat valid danlayakuntukdigunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46241

Actions (login required)

View Item View Item