Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa Jurusan Teknik Komputer Jaringan kelas XI pada mata pelajaran pemrograman web di SMK Negeri 1 Blitar / Apresilia Dwi Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa Jurusan Teknik Komputer Jaringan kelas XI pada mata pelajaran pemrograman web di SMK Negeri 1 Blitar / Apresilia Dwi Kusuma

Kusuma, Apresilia Dwi (2017) Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa Jurusan Teknik Komputer Jaringan kelas XI pada mata pelajaran pemrograman web di SMK Negeri 1 Blitar / Apresilia Dwi Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusuma Apresilia Dwi.2016.Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Komputer Jaringan Kelas XI Pada Matapelajaran Pemrograman Web di SMKN 1 Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Ir.H.Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T Kata kunci Metode Student Facilitator and Explaining Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi pada kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Blitar diperoleh informasi bahwa dalam proses belajar mengajar sekolah ini masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan demonstrasi sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran dan pada akhirnya menyebabkan keaktifansiswa untuk belajar berkurang. Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kalitas pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai digunakan sebagai alternatif dalam membelajarkan materiPemrograman Webadalah metode pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran Student Facilitator And Explaining merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada peningkatan kemampuan siswa dalam menganalisa dan berfikir kritis. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah true experimentaldengan menggunakan desain penelitian Randomized Subject Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI- TKJ 1 (34 siswa) sebagai kelas eksperimen dan XI-TKJ 2 (34 siswa) sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar menggunakan model student facilitator and explaining dan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan model ceramah demonstrasi penugasan. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen penelitian dan pengukuran. Dari perolehan data yang didapatkan bahwa nilai postest tertinggi kelas eksperimen setelah diberi pengaruh menggunakan model pembelajaran SFAE yaitu 95 00 dan nilai terendah 77 5. Sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah mendapatkan nilai maksimum 85 5 dan nilai terendah 65. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen setelah diberikan treatment pembelajaran menggunakan metode Student Facilitator And Explaining. Selain itu setelah dilakukan uji-t hasil belajar diperoleh hasil t_hitung 1 387 dan hasil t_tabel 1 996 maka H_0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar pada kelas eksperimen yang diberi metode SFAE dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah demonstrasi dan penugasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46228

Actions (login required)

View Item View Item