Pengembangan modul ajar mata pelajaran pemrograman web statis tingkat dasar berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas XI semester 1 Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Tapen Kabupaten Bondowoso / Vishal Rahmat Dharmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar mata pelajaran pemrograman web statis tingkat dasar berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas XI semester 1 Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Tapen Kabupaten Bondowoso / Vishal Rahmat Dharmawan

Dharmawan, Vishal Rahmat (2017) Pengembangan modul ajar mata pelajaran pemrograman web statis tingkat dasar berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas XI semester 1 Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Tapen Kabupaten Bondowoso / Vishal Rahmat Dharmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dharmawan Vishal Rahmat. 2016. Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran Pemrograman Web Statis Tingkat Dasar Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Siswa Kelas XI Semester 1 Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Tapen Kabupaten Bondowoso. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Kata Kunci pengembangan modul project based learning pemrograman web statis tingkat dasar Prestasi belajar merupakan sesuatu yang dibutuhkan seseorang untuk mengetahui kemampuan setelah melakukan kegiatan belajar. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik di bidang akademik seperti bahan ajar yang hanya berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) PowerPoint dan Internet yang digunakan guru di SMK Negeri 1 Tapen Kabupaten Bondowoso menjadi masalah utama yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Modul Ajar Pemrograman Dasar Web Statis Tingkat Dasar Berbasis Project Based Learning(PjBL) Kelas XI Semester 1 Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Tapen Kabupaten Bondowoso dan menguji kelayakan modul ajar tersebut. Modul yang dikembangkan terdiri dari modul guru dan modul siswa. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah model pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah pengembangan yaitu (1) Analysis (Analisis) (2) Design (Perancangan) (3) Development (Pengembangan) (4) Implement (Implementasi) dan (5) Evaluation (Evaluasi). Produk yang dikembangkan akan diuji melalui tahap uji validasi dan uji coba pengguna dengan menggunakan angket. Hasil validasi oleh ahli materi 1 diperoleh persentase sebesar 90 98%. Hasil validasi oleh ahli materi 2 diperoleh persentase sebesar 88 89%.Hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 89 72%. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 87 73%. Hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 90 11%. Hasil secara keseluruhan dari pengembangan Modul Ajar Pemrograman Dasar Web Statis Tingkat Dasar Berbasis Project Based Learning(PjBL) Kelas XI Semester 1 Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Tapen Kabupaten Bondowoso diperoleh persentase sebesar 89 49%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46227

Actions (login required)

View Item View Item