Implementasi sistem informasi manajemen guna mendukung ketercapaian standart pendidikan di SMK Negeri Kabupaten Pasuruan / Sannia Maydewanti Ariantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi sistem informasi manajemen guna mendukung ketercapaian standart pendidikan di SMK Negeri Kabupaten Pasuruan / Sannia Maydewanti Ariantika

Ariantika, Sannia Maydewanti (2017) Implementasi sistem informasi manajemen guna mendukung ketercapaian standart pendidikan di SMK Negeri Kabupaten Pasuruan / Sannia Maydewanti Ariantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariantika Sannia Maydewanti. 2016. Implementasi Sistem Informasi Manajemen guna Mendukung Ketercapian Standar Pendidikan di SMK Negeri Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tri Admadji S. M.Pd. (2) M. Zainal Arifin S.Si. M.kom. Kata Kunci Sistem Informasi Manajemen Standart Pendidikan Nasional Kemajuan ilmu dan teknologi informasi telah banyak mengubah cara pandang dan gaya hidup masyarakat Indonesia dalam menjalankan kegiatannya. Keberadaan dan peranan teknologi informasi dalam sistem pendidikan telah membawa era baru dalam perkembangan dunia pendidikan. Era baru dalam dunia pendidikan tersebut terwujud dalam program Sistem Informasi Manajemen (SIM). Sistem Informasi Manajemen merupakan sebuah sistem yang memproduksi informasi yang berguna bagi upaya atau kegiatan manajemen yang efektif agar dapat mempelancar manajemen dalam mencapai tujuan organisasi. Dalam Peraturan Pemerintah nomer 13 tahun 2015 tentang Standart Nasional Pendidikan merupakan penjabaran dari Undang-Undang nomer 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Standar Nasional Pendidikan itu sendiri terdiri dari 8 Standar yaitu (1) Standart Kompetensi Lulusan (2) Standart Isi (3) Standart Proses (4) Standart Pendidikan dan Tenaga Pendidik (5) Standart Srana dan Prasarana (6) Standart Pengolahan (7) Standart Pembiayaan Pendidikan dan (8) Standart Penilaian Pendidikan. Dalampenelitianini menggunakan model penelitiandeskriptifdenganpendekatankuantitatif. Penelitianinidirancanguntukmemperolehinformasitentangsuatukondisiataufakta di duniapendidikankhususnyatentangimplementasisiteminformasimanajemengunamendukungketercapaianstandarpendidikan di SMK NegeriKabupatenPasuruan. Populasidansampeldaripeneltianiniadalah guru dantatausaha (TU) di SMK NegeriKabupatenPasuruandenganpopulasi 463 dandidapatsampelyaitu 163 responden. Teknikpengambilan data dalampenelitianiniadalahproporsional sampling. Prosedurpengumpulan data denganpenyebarankuisioner. Serta teknikanalisis data dalampenelitianiniadalahdengananalisisdeskriptifpresentasi. Dari hasilpenelitianinidapatdiambilkesimpulanbahwa (1) Tingkat implementasisistem informasi manajemen untuk mendukung ketercapaian standar proses di SMK Kabupaten Pasuruanmemperolehskorpresentase 61% dantermasukdalamkatagori sangatbaik (2) Tingkat implementasisistem informasi manajemen untuk mendukung ketercapaian standar pendidikdantenagapendidik di SMK Kabupaten Pasuruanmemperolehskorpresentase 57% dantermasukdalamkatagori sangatbaik (3) Tingkat implementasisistem informasi manajemen untuk mendukung ketercapaian standar saranadanprasarana di SMK Kabupaten Pasuruanmemperolehskorpresentase 58% dantermasukdalamkatagori sangatbaik (4) Tingkat implementasisistem informasi manajemen untuk mendukung ketercapaian standar pembiayaan di SMK Kabupaten Pasuruanmemperolehskorpresentase 53% dantermasukdalamkatagori sangatbaik .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46224

Actions (login required)

View Item View Item