Pengembangan sistem monitoring dan penmilaian praktek kerja industri berbasis web di SMK Islam Batu / Pandu Hardika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem monitoring dan penmilaian praktek kerja industri berbasis web di SMK Islam Batu / Pandu Hardika

Hardika, Pandu (2016) Pengembangan sistem monitoring dan penmilaian praktek kerja industri berbasis web di SMK Islam Batu / Pandu Hardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hardika P. 2016. Pengembangan Sistem Monitoring dan Penilaian Prakerin Berbasis Web di SMK Islam Batu. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata kunci sistem monitoring dan penilaian praktek kerja industri prototype SMK Islam Batu merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mewajibkan setiap siswanya untuk mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerin) prakerin adalah konsep yang dikembangkan dalam pendidikan sekolah menengah kejuruan dalam rangka mempersiapkan peserta didik mendapatkan pekerjaan profesional tertentu dilakukan melalui on the job training atau praktik kerja industri (prakerin) yaitu belajar bekerja langsung di industri. Prakerin merupakan model pelatihan yang bertujuan untuk memberikan kecakapan yang diperlukan dalam pekerjaan tertentu sesuai dengan tuntutan kemampuan bagi pekerjaan di industri untuk mencapai tujuan pendidikan kejuruan secara maksimal. Berdasarkan hasil wawancara dari penanggung jawab prakerin terdapat permasalahan dalam pelaksanaan prakerin yaitu (1) hanya beberapa industri yang memiliki laporan evaluasi penilaian terhadap hasil siswa prakerin dari industri mengakibatkan pihak sekolah kesulitan dalam melakukan monitoring ketercapaian tujuan dari pelaksanaan program prakerin (2) proses Prakerin berlangsung diluar sekolah sehingga memerlukan sistem informasi yang bersifat online dan bisa diakses dimanapun dan kapanpun (3) penilaian siswa dari pembimbing industri masih secara manual (4) kelalaian penanggung jawab terhadap lampiran hasil nilai siswa prakerin. Model pengembangan sistem informasi yang digunakan adalah model pengembangan prototyping. Dalam model prototyping proses pengembangan melalui 5 tahapan yaitu (1) komunikasi (2) perencanaan secara cepat (3) pemodelan perancangan secara cepat (4) pembentukan prototype dan (5) penyerahan sistem perangkat lunak kepada pengguna dan umpan baliknya. Metode pengujian yang digunakan adalah blackbox yakni untuk menguji fungsionalitas sistem informasi yang dikembangkan. Berdasarkan pengujian fungsionalitas oleh ahli sistem informasi petugas administrator guru pembimbing siswa praekrin dan industri mendapatkan persentase sebesar 100% sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem monitoring prakerin telah layak dan dapat dioperasikan di SMK Islam Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46219

Actions (login required)

View Item View Item