Interaksi antara minat dan varian model pembelajaran konstruktivistik pengaruhnya terhadap hasil belajar pemrograman dasar pada siswa kelas X multimedia SMKN 1 Trenggalek / Anjani Kusumastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi antara minat dan varian model pembelajaran konstruktivistik pengaruhnya terhadap hasil belajar pemrograman dasar pada siswa kelas X multimedia SMKN 1 Trenggalek / Anjani Kusumastuti

Kusumastuti, Anjani (2016) Interaksi antara minat dan varian model pembelajaran konstruktivistik pengaruhnya terhadap hasil belajar pemrograman dasar pada siswa kelas X multimedia SMKN 1 Trenggalek / Anjani Kusumastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumastuti Anjani. 2016. Interaksi Antara Minat dan Varian Model Pembelajaran Konstruktivistik Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Dasar Pemrograman Pada Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Trenggalek.Skripsi Program Study Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Drs. Setyadi C.P. M.Pd. M.T. (2) Drs. Hari Putranto Kata kunci minat belajar Problem Based Learning Contextual Teaching and Learning hasil belajar pemrograman dasar Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pengajar. Permasalah yang sering terjadi di lapangan adalah ketidak sesuaian model pembelajaran yang digunakan sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa yang dibelajar dengan model pembelajaran PBL dan CTL mengungkap adanya interaksi antara minat belajar dengan model pembelajaran mengungkap adanya perbedaan hasil belajar dan menganalisis hasil belajar yang paling berbeda dari beberapa kelompok pada mata pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian True Experiment. Subjek penelitian ini adalah kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Trenggalek yang berjumlah 2 kelas dimana masing-masing kelas berisi 35 siswa. Siswa dikelompokkan menjadi 4 kelompok berdasarkan minat dan model pembelajaran. Pengelompokan dilakukan secara acak berdasarkan tingkat minatnya. Sehingga terbentuk kelompok siswa dengan minat tinggi dan minat rendahyang dibelajarkan dengan PBL siswa dengan minat tinggi dan minat rendah yang dibelajarkan dengan CTL.Uji hipotesis dilakukan dengan ANOVA dua jalur untuk mengetahui adanya interaksi dan perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan tingkat minat dan variasi model pembelajaran konstruktivis. Dan untuk mengetahui kelompok hasil belajar yang paling berbeda menggunakan uji lanjut yaitu Post-Hoc. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat interaksi antara minat belajar dengan varian model belajar konstruktivis dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0 048 (2) terdapat perbedaan hasil belajar pemrograman dasar antara kelas tingkat minat tinggi dan minat rendah dengan PBL dan kelas tingkat minat tinggi dan minat rendah dengan CTL dilihat dari nilai Fhitung 20 713 dengan signifikansi 0 000 (3) terdapat perbedaan nilai paling signifikan diantara kelas tingkat minat tinggi dan minat rendah dengan PBL dan kelas tingkat minat tinggi dan minat rendah dengan CTL di lihat dari nilai yang paling signifikan pada kelas PBL tinggi dengan PBL rendah yaitu 6 23 dengan nilai signifikansi 0 017 CTL rendah dengan PBL rendah dengan perbedaan nilai sebesar 8 13 dan nilai signifikansi 0 002 CTL tinggi CTL rendah dengan perbedaan nilai 12 06 dan nilai signifikansi sebesar 0 000 CTL tinggi dengan PBL tinggi dengan perbedaan nilai 13 95 dan nilai signifikansi sebesar 0 000 CTL tinggi dengan PBL rendah dengan perbedaan nilai 20 18 dan nilai signifikansi sebesar 0 000 Sedangkan pada CTL rendah dan PBL tinggi tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46216

Actions (login required)

View Item View Item