Pengembangan bahan ajar modul untuk mata pelajaran animasi 3 dimensi untuk SMA paket keahlian multimedia kelas XI di SMK Negeri 11 Malang / Choeroni Pursebayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar modul untuk mata pelajaran animasi 3 dimensi untuk SMA paket keahlian multimedia kelas XI di SMK Negeri 11 Malang / Choeroni Pursebayanto

Pursebayanto, Choeroni (2016) Pengembangan bahan ajar modul untuk mata pelajaran animasi 3 dimensi untuk SMA paket keahlian multimedia kelas XI di SMK Negeri 11 Malang / Choeroni Pursebayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pursebayanto Choeroni. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Modul Untuk Matapelajaran Animasi 3 Dimensi Untuk SMK Paket Keahlian Multimedia Kelas XI di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muladi S.T. M.T. (II) Muhammad Jauharul Fuady S.T. M.T. Kata kunci Pengembangan Modul Pembelajaran Obyek 3D Animasi. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diperlukan adanya pembaharuan dalam setiap aspek kehidupan termasuk pendidikan. Salah satunya adalah peningkatan kegiatan pembelajaran yang semula masih konvensional saat ini sudah terintegrasi dengan adanya teknologi untuk pembelajaran. Dengan didukung modul dan media membuat kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan dan pelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 11 Malang kegiatan pembelajaran masih mengandalkan guru sebagai sumber utama dan tutor di kelas. Belum adanya modul dan belum optimalnya teknologi yang disediakan di SMK Negeri 11 Malang juga merupakan kendala dalam kegiatan pembelajaran di jurusan Multimedia. Dari uraian tersebut dilakukanlah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran pada Matapelajaran Animasi 3 Dimensi untuk kelas XI Multimedia di SMK Negeri 11 Malang. Selain itu juga untuk mengetahui kelayakan modul sehingga modul siap digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain dari Borg and Gall. Tahapan-tahapan penelitian dan pengembangan yang dilakukan yaitu (1) Research and Information Collecting (2) Planning (3) Develop Preliminary Form of Product (4) Preliminary Field Testing (5) Main Product Revision (6) Main Field Testing (7) Operational Product Revision (8) Operational Field Testing (9) Final Product Revision (10) Dissemination and Implementation. Materi produk yang dikembangkan terdiri dari 9 unit kegiatan yang sesuai dengan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. Bahan ajar modul dibuat dengan memakai model pembelajaran project based learning (PjBL). Pada tahapan uji coba utama perolehan persentase sebesar 74 60% dari total 10 siswa sebagai responden. Pada tahapan uji coba operasional diperoleh hasil persentase sebesar 83 11% dari total 28 siswa sebagai responden. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46215

Actions (login required)

View Item View Item