Pengembangan media trainer LAN untuk mata pelajaran jaringan dasar pada paket keahlian TKJ kelas X di SMKN 2 Bojonegoro / Defri Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media trainer LAN untuk mata pelajaran jaringan dasar pada paket keahlian TKJ kelas X di SMKN 2 Bojonegoro / Defri Prasetyo

Prasetyo, Defri (2016) Pengembangan media trainer LAN untuk mata pelajaran jaringan dasar pada paket keahlian TKJ kelas X di SMKN 2 Bojonegoro / Defri Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Defri Prasetyo. 2016. Pengembangan Media Trainer LAN Untuk Mata Pelajaran Jaringan Dasar Pada Paket Keahlian TKJ Kelas X Di SMKN 2 Bojonegoro. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (2) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Kurikulum 2013 Jaringan Dasar Trainer Model ADDIE SMKN 2 Bojonegoro Jaringan LAN merupakan salah satu materi dari mata pelajaran Jaringan Dasar yang diajarkan pada siswa kelas X TKJ. Namun pada kenyataannya berdasarkan hasil observasi guru SMKN 2 Bojonegoro bahwa belum ada pengembangan media Trainer sebagai penunjang proses pembelajaran praktikum Jaringan Dasar sesuai kurikulum 2013 sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan dan mengimplementasikan secara langsung ketika praktikum. Maka dibutuhkan Trainer LAN untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah merancang dan membuat Trainer LAN dalam mata pelajaran Jaringan Dasar pada Paket Keahlian TKJ di SMKN 2 Bojonegoro menyusun Buku Petunjuk (Manual Book) dan Jobsheet Trainer Jaringan LAN dan menguji kelayakan Trainer Buku Petunjuk (Manual Book) dan Jobsheet Trainer LAN. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE (Afandi M dan Badarudin 2011 24) yang telah disesuaikan dengan objek penelitian. Langkah-langkahnya adalah (a) analysis (b) design (c) development (d) implementation dan (e) evaluation. Pengambilan data validasi pada pengembangan ini yaitu dengan kuisioner. Kuisioner yang digunakan terdiri dari tiga jenis berdasarkan responden yaitu untuk ahli media ahli materi dan siswa. Hasil uji coba produk yang dilakukan pada 3 (tiga) kelompok responden tersebut diperoleh hasil sebagai berikut (1) ahli media menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan persentase 100% (2) ahli materi menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan persentase 100% dan (3) siswa kelas X TKJ 1 dan 2 SMKN 2 Bojonegoro menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan persentase 95 81% uji coba kelompok kecil dan 89 89% untuk uji coba kelompok besar. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan layak untuk dioperasikan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46213

Actions (login required)

View Item View Item