Penerapan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) untuk meningkatkan hasil belajar siswa matapelajaran perakitan komputer kelas X TKJ 2 di SMKN 11 Malang / Laras Luhur Pribadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) untuk meningkatkan hasil belajar siswa matapelajaran perakitan komputer kelas X TKJ 2 di SMKN 11 Malang / Laras Luhur Pribadi

Pribadi, Laras Luhur (2016) Penerapan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) untuk meningkatkan hasil belajar siswa matapelajaran perakitan komputer kelas X TKJ 2 di SMKN 11 Malang / Laras Luhur Pribadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pribadi Laras Luhur. 2016. Penerapan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X TKJ2 di SMKN 11 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd.(II) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Kata kunci Hasil belajar Pembelajaran Berbantuan komputer Perakitan Komputer Berdasarkan hasil observasi di kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 11 Malang kota Malang diketahui terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran mata pelajaran Produktif Perakitan Komputer. Permasalahan tersebut antara lain (a) penyampaian materi teori perakitan komputer cenderung dilakukan dengan metode ceramah (b) siswa yang jauh dari pengawasan guru tidak memperhatikan penjelasan materi (c) nilai siswa pada mata pelajaran produktif perakitan komputer masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMKNegeri 11 Malang pada bulan April sampai Mei2016.Menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas. Siklus yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 11 Malang sebanyak 37 siswa terdiri dari 17 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menujukkan bahwa kelayakan media PBK dalam proses pembelajaran sebesar 82 69% dan kelayakan materi PBK sebesar 82 85% dengan tingkat validitas yaitu sangat valid atau valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif yang sebelumnya rata-rata nilai hasil belajar awal (pretestsiklus I) sebesar 77 72menjadi 85 72 pada akhir siklus II. Pada hasil belajar ranah afektifmengalami peningkatan yaitu pada siklus I presentase keseluruhan sebesar 88 64% meningkat 2 44% menjadi 91 08% pada akhir siklus II. Hasil belajar ranah psikomotor mengalami peningkatan 0 62% dari siklus I sebesar 81 62% menjadi 82 24% di akhir siklus II. Ketuntasan belajar siswa mencapai 91 89% dimana masih ada 3 siswa yang belum mencapai SKM yaitu Luluk Atul Fuat Nur Fadilah dan Tri Andini Sulfiati. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK)dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ2 di SMK Negeri 11 Malang.Peneliti menyarankan agar dalam penelitian PTK selanjutnya menggunakan tiga siklus sehingga didapatkan hasil yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46205

Actions (login required)

View Item View Item