Pengembangan media pembelajaran video tutorial adobe premiere pada mata pelajaran pengolahan video di SMKN 11 Malang / Febrian Indra Cahya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran video tutorial adobe premiere pada mata pelajaran pengolahan video di SMKN 11 Malang / Febrian Indra Cahya

Cahya, Febrian Indra (2016) Pengembangan media pembelajaran video tutorial adobe premiere pada mata pelajaran pengolahan video di SMKN 11 Malang / Febrian Indra Cahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahya Febrian Indra. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Adobe Premiere pada Mata Pelajaran Pengolahan Video di SMKN 11 Malang.Skripsi Program S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.T. Kata Kunci media pembelajaran video tutorial pengolahan video Pengolahan video menjadi materi pokok yang diajarkan di kelas XII jurusan multimediaSMKN 11 Malang. Pada mata pelajaran ini setelah melakukan wawancara kepada guru dan siswa didapatkan bahwa siswa tidak mendapatkan bahan ajar tambahan yang dapat digunakan untuk mempermudah belajar mandiri sehingga hal tersebutmenurunkan motivasi dan semangatsiswa dalam belajar mandiri. Dengan adanya bahan ajar berupa media video tutorial yang menggabungkan beberapa materi dalam satu kesatuan ditambah dengan tampilan yang menarik dan interaktif motivasi dan semangat siswa dalam belajar mandiri akan muncul kembali. Pengembangan media ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media yang efektif digunakan pada mata pelajaran pengolahan video di program keahlian Multimedia SMKN 11 Malang (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran pengolahan video di program keahlian Multimedia SMKN 11 Malang. Penelitian pengembangan ini mengacu model pengembangan Sadiman dengan tahap-tahap (1) Identifikasi Kebutuhan (2) Perumusan Tujuan (3) Perumusan Butir-Butir Materi (4) Perumusan Alat Pengukur Keberhasilan (5) Penulisan Naskah Media (6) Produksi Media (7) Validasi Ahli (8) Uji Coba Media (9) Revisi dan (10) Hasil Akhir Media. Dalam langkah pengembangan terdapat tahap validasi ahli yang digunakan untuk menilai naskah media yang telah disusun kemudian dilakukan uji coba kelompok kecil dan tahap selanjutnya adalah uji coba kelompok besar/lapangan. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian awal adalah media pembelajaran bagi kelas XII yang berisi materi inti tentang (1) Mengolah berbagai format video dengan bantuan perangkat lunak pengolahan video (2) Mengolah audio untuk dipadukan dengan video dan (3) Mengolah teks untuk dipadukan dengan video. Pengembangan media pembelajaran video tutorial adobe premiere ini dinyatakan layak oleh ahli materi ahli media uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar (uji coba pengguna) sebagai media pembelajaran siswa jurusan multimedia SMKN 11 Malang. Dari (1) ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan dengan presentase 91 25%. (2) Ahli media menunjukkan tingkat kelayakan dengan presntase 88 75%. (3) Uji coba kelompok kecil menunjukkan tingat kelayakan dengan presentase 88 5 %. Uji coba kelompok besar menunjukkan tingkat kelayakan dengan presentase 82 75%. Dari hasil uji coba dapat disimpulan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan media pembelajaran serta layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran namun media pembelajaran ini masih bisa dikembangkan lagi khususnya dalam hal cakupan materi yang lebih luas sehingga bisa menjadi media yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46203

Actions (login required)

View Item View Item