Pengembangan e-learning berbasis web untuk memfasilitasi model problem based learning pada mata pelajaran pemrograman web dinamis kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMKN 4 Malang / Ibnu Shodiqin Suhaemy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-learning berbasis web untuk memfasilitasi model problem based learning pada mata pelajaran pemrograman web dinamis kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMKN 4 Malang / Ibnu Shodiqin Suhaemy

Suhaemy, Ibnu Shodiqin (2016) Pengembangan e-learning berbasis web untuk memfasilitasi model problem based learning pada mata pelajaran pemrograman web dinamis kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMKN 4 Malang / Ibnu Shodiqin Suhaemy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suhaemy IbnuShodiqin. 2016. PengembanganE-Learning BerbasisWebuntukMemfasilitasi Model Problem Based Learning pada Mata PelajaranPemrograman Web DinamisKelas XI JurusanRekayasaPerangkatLunak (RPL) SMKN 4 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II)UtomoPujianto S.Kom. M.Kom. Kata kunci e-learning web problem based learning pemrograman web dinamis Pemrograman Web Dinamismerupakansalahsatumatapelajaranwajibbagisiswakelas XI SMKN 4 Malang. Mata pelajaraninidiselenggarakanselama 3 semester denganalokasi 18 jam per minggu. Padakenyataannya pembelajaranhanyadilaksanakanselama 1 semester. Hal tersebutdikarenakankegiatanPraktekIndustri (Prakerin) selama 2 semester yakni semester II kelas XI dan semester I kelas XII. Selainitu belumadasaranabelajarmandiriuntuksiswadanpemantauanperkembanganbelajaroleh guru padamasaPrakerin. Penggunaan model Problem Based Learning sesuaiuntukpembelajaranpadamasaPrakerindankurikulum 2013 denganpembelajaran yang terpusatkepadasiswadan guru sebagaifasilitator. Berdasarkanpermasalahantersebut dibutuhkansaranapembelajaran yang mampumemfasilitasisiswadalambelajarselamamasaPrakerindan guru untukmemantauperkembanganbelajarsiswa. Penelitianpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkane-learning berbasiswebuntukmatapelajaranPemrograman Web Dinamiskelas XI. SistempembelajarandalamE-Learning dirancang agar dapatmemfasilitasi model Problem Based Learning. Materipadae-learningdikemasdalambentukclass activity danlab activity. Selainitu penelitianpengembanganinijugabertujuanuntukmengujikelayakane-learning secara media danmateri. Model Pengembangan yang digunakanadalah model Dick Carey. Prosedurpengembangan model iniantara lain (1) assess needs to identify goal(s) (2) conduct instructional analysis (3) analyze learners and contexts (4) write performance objectives (5) develop assessment instruments (6) develop instructional strategy (7) develop and select instructional materials (8) develop and construct formative evaluation of instruction (9) revise instruction dan (10) design and conduct summative evaluation. Subjekujicobapenelitianiniadalahdosensebagaiahli media guru sebagaiahlimateri dansiswa RPL SMKN 4 Malang. Instrumen yang digunakanberbentukangket yang terdiridariangketuntukahli media angketuntukahlimateri danangketuntuksiswa. Data hasilujicobadianalisisdenganmenggunakankriteriavaliditasanalisispersentase. Hasilpenelitianiniadalahe-learning berbasis web pada Mata PelajaranPemrograman Web Dinamiskelas XI RPL. Berdasarkanhasilvalidasiahli media diperolehpersentasesebesar 93 9% validasiahlimaterisebesar 96 67% ujicobaperseorangansebesar 76% ujicobakelompokkecilsebesar 77 21% danujicobalapangansebesar 84 95%. Persentase rata-rata kelayakane-learning sebesar 82 17%. Berdasarkankriteriaujikelayakane-learningdinyatakansangatlayakdandapatdigunakantanparevisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46202

Actions (login required)

View Item View Item