Pengembangan modul sistem komputer kelas X TKJ semester 1 SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Tumpang / Eka Prihati Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul sistem komputer kelas X TKJ semester 1 SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Tumpang / Eka Prihati Ningsih

Ningsih, Eka Prihati (2016) Pengembangan modul sistem komputer kelas X TKJ semester 1 SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Tumpang / Eka Prihati Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningsih Eka Prihati. 2016. Pengembangan Modul Sistem Komputer Kelas X TKJ Semester 1 SMK NU Sunan Ampel Poncokususmo Tumpang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.pd. (II) Drs. Suwasono M.T. Kata Kunci pengembangan bahan ajar modul sistem komputer Pengembangan merupakan langkah-langkah yang digunakan untuk menciptakan produk baru mengembangkan atau menyempurnakan produk yang sudah ada yang kemudian diuji kelayakan ataupun keektifannyaya sehigga dapat dipertanggung jawabkan. Berdasarkan wawancaradengan ketua program studi TKJ dan salah satu guru kelas di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Tumpang adanya perubahan kurikulum menimbulkan permasalahan pada ketersedian bahan ajar di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Tumpang proses belajar mengajar masih menggunakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dan powerpoint sebagai media penyampaianya. Saat guru menerangkan beberapa siswa mencatat materi yang penting yang tidak terdapat pada LKS namun ada beberapa siswa yang tidak mencatat. Hal tersebut karena karakteristik siswa yang berbeda-beda. Kondisi tersebut membuat beberapa siswa kurang memahami dan menguasai materi sistem komputer karena materi yang ada pada LKS kurang rinci dan belum memberikan kesempatan siswa belajar secara mandiri serta karakteristik siswa yang berbeda-beda. Sehingga dibutuhkan bahan ajar yang dapat membelajarkan siswa secara mandiri. Modul merupakan bahan ajar yang memiliki karakteristik self instruction yang dapat memungkinkan siswa belajar secara mandiri. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D. Tahapan model pengembangan 4-D diantaranya adalah (1) define (pendefinisian) (2) design (perancangan) (3) develop (pengembangan) dan (4)disseminate (penyebarluasan). Berdasarkan analisis data validasi modul yang dilakukakan oleh ahli materi I diperoleh hasil sebesar 95 12% hasil validasi jobsheet sebesar 95 67%. Berdasarkan ahli materi II diperoleh hasil validasi modul sebesar 91 46% hasil validasi jobsheet sebesar 96 67%.Berdasarkan ahli media diperoleh hasil validasi modul sebesar 93 18% hasil validasi jobsheet sebesar 95 45%.Berdasarkan uji coba kelompok kecil diperoleh hasil validasi modul sebesar 85 56% hasil validasi jobsheet sebesar 85 83%.Berdasarkan uji coba kelompok besar diperoleh hasil validasi modul sebesar 88 84% hasil validasi jobsheet sebesar 87 88% dengan interprestasi kelayakan sangat valid dari batas minimal persentase validitas 75 01%. Sehingga dari analisis data dapat disimpulkan bahwa modul Sistem Komputer yang dilengkapi dengan jobsheet Sistem Komputer layak digunakan sebagai bahan ajar untuk pembelajaran di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Tumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46200

Actions (login required)

View Item View Item