Fadli, Mohammad Arif (2014) Pengembangan aplikasi mobile learning berbasis smartphone android untuk pelajaran bahasa Inggris pokok bahasan recount text / Mohammad Arif Fadli <BR> <BR>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fadli Mohammad Arif. 2013. Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Smartphone Android Untuk Pelajaran Bahasa Inggris Pokok Bahasan Recount Text. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. Sulton M.Pd (II) Yerry Soepriyanto S.T M.T. Kata Kunci Aplikasi Android Mobile Learning Mobile learning merupakan pembelajaran yang memanfaatkan perangkat bergerak selular yang dapat berfungsi sebagai suplemen komplemen atau subtitusi pembelajaran bagi guru maupun siswa. Pembelajaran menggunakan aplikasi mobile learning diterapkan di SMP Negeri 1 Pandaan karena tingkat kepemilikan smartphone Android cukup tinggi dan diperlukan adanya inovasi pembelajaran di dalam kelas. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi dari permasalahan pembelajaran dengan menggunakan multimedia pembelajaran yang disebut dengan mobile learning yang dapat digunakan untuk mengulang materi yang diajarkan guru sekaligus dapat mereka gunakan sebagai bahan latihan soal secara mandiri dan dapat digunakan di tempat belajar/kursus/sekolah/rumah. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini di adaptasikan dari model Borg Gall yang terdiri dari lima tahapan yaitu Research and Information Collecting (Pengumpulan Informasi dan Penelitian Planning (Merencanakan) Develop Preliminary Form of Product (Mengembangkan Bentuk Produk Awal) Field Testing (Uji Lapangan) Product Revision (Revisi Produk). Selanjutnya dilakukan ujicoba produk dan pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket. Aplikasi mobile learning ini diujicobakan kepada 2 ahli media 1 ahli materi dan 30 orang siswa. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian terdapat data hasil perhitungan validasi yang menyatakan tingkat validitas aplikasi mobile learning berasal dari ahli media 93 4% ahli materi 90% siswa kelompok kecil 95 5% dan siswa secara keseluruhan 87 1%. Dengan demikian aplikasi mobile learning pokok bahasan Recount Text untuk siswa SMP kelas VIII-C semester I dapat digunakan untuk proses belajar mengajar baik secara individu maupun kelompok. Berdasarkan saran dari penelitian pengembangan aplikasi mobile learning ini perlu dilakukan beberapa hal perbaikan yaitu dalam hal pemilihan materi latihan soal desain maupun warna perlu dikaji lebih dalam melihat dari keberagaman smartphone yang dimiliki oleh penguna. Untuk menarik motivasi siswa dalam belajar tampilan aplikasi perlu ditingkatkan dan juga menu navigasi aplikasi yang akan membantu siswa agar lebih mudah untuk mengoperasikannya sehingga akan tercipta produk aplikasi mobile learning yang mudah digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/462 |
Actions (login required)
View Item |