Perbedaan rerata hasil belajar mata pelajaran jaringan dasar antara model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan tipe think pair share pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Singosari / Wulan Indah Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan rerata hasil belajar mata pelajaran jaringan dasar antara model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan tipe think pair share pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Singosari / Wulan Indah Purnamasari

Purnamasari, Wulan Indah (2016) Perbedaan rerata hasil belajar mata pelajaran jaringan dasar antara model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan tipe think pair share pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Singosari / Wulan Indah Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnamasari Wulan Indah. 2016.Perbedaan Rerata Hasil Belajar Mata Pelajaran Jaringan Dasar antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Tipe Think Pair Share pada Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 2 Singosari.Skripsi JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti G. I. M. Kom (II) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M. Pd Kata kunci Make a Match Think Pair Share rerata hasilbelajar Jaringan Dasar Pembelajaran Jaringan Dasar kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Singosari masih menggunakan model konvensional model ini tidak memfasilitasi siswa untuk aktif dalam mengembangkan pengetahuannya melalui pemecahan masalah mereka juga kurang diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Sehubungan dengan permasalahan tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran Make a Match dan Think Pair Share. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan rerata hasil belajar mata pelajaran Jaringan Dasar antara model pembelajaran Make a Match dan model Think Pair Share. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan metode Quasi Experimental dengan desain penelitian NonequivalentControl Group Design. Dengan subjek penelitian kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan model Make a Match dan X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model Think Pair Share. Untuk penarikan kesimpulan digunakan uji independent sample t test untuk melihat perbedaan rata-rata nilai posttest dan rata-rata nilai gain. Hasil analisis penelitian ini didapatkan ada hasil belajar tiga ranah (pengetahuan sikap dan keterampilan). Hasil analisis posttest diketahui bahwa terdapat perbedaan rerata hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan baik pada kelas ekseperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan nilai signifikansisebesar 0 03 0 05 terdapat perbedaan nilai gain antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan nilai signifikansi sebesar 0 19 0 05.Dari analisis penelitian dapat disimpulkanbahwa (1) terjadi peningkatan hasil belajar Jaringan Dasar pada siswa kelas eksperimen 1 (2) terjadi peningkatan hasil belajar Jaringan Dasar pada siswa kelas eksperimen 2 (3)terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Jaringan Dasar antara model Make a Match dan model Think Pair Share dan (4)model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan tipe Make a Match.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46191

Actions (login required)

View Item View Item