Pengembangan modul pada mata pelajaran jaringan berbasis luas (WAN) kelas XI Program Keahlian TKJ di SMK Diponegoro Tumpang / Riska Nia Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pada mata pelajaran jaringan berbasis luas (WAN) kelas XI Program Keahlian TKJ di SMK Diponegoro Tumpang / Riska Nia Amalia

Amalia, Riska Nia (2016) Pengembangan modul pada mata pelajaran jaringan berbasis luas (WAN) kelas XI Program Keahlian TKJ di SMK Diponegoro Tumpang / Riska Nia Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia Riska Nia. 2016. PengembanganModulPada Mata PelajaranJaringanBerbasisLuas (WAN) Kelas XI Program Keahlian TKJ di SMK DiponegoroTumpang. Skripsi Program StudiPendidikanTeknikInformatika JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. WahyuSakti G.I. M.Kom (2) Drs. HariPutranto Kata Kunci Pengembangan Modul JaringanBerbasisLuas (WAN) TKJ JaringanBerbasisLuas (WAN) merupakansalahsatumatapelajaranproduktif yang pentingbagisiswajurusan TKJ.Berdasarkanobservasi di SMK DiponegoroTumpang matapelajaranJaringanBerbasisLuas (WAN) memilikibeberapakendaladalam proses pembelajaranyaitusiswacenderungkurangmemperhatikandantidakmencatatmateri. Guru matapelajaranJaringanBerbasisLuas (WAN) hanyamenjelaskanmaterisecaralisandantidakmenyediakanbuku ajar untuksiswa sehinggasiswa yang tidakmemperhatikanketika guru menerangkanpelajarantidakakanbisamemahamipelajaranJaringanBerbasisLuas (WAN). Dan fasilitaskomputerbelummemadai. Dan jugabahan ajar sangatkurangdanbelumpernahdikembangkankhususnyabahan ajar berupamodulJaringanBerbasisLuas (WAN). Model Pengembanganmoduljaringanberbasisluas (WAN) menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Adapunlangkah-langkahpenelitianmenurut Dick and Carey yaitu (1) Identifikasitujuan (2) Melakukananalisisinstruksional (3) Analisispembelajardanlingkungan (4) MerumuskantujuanPerformansi (5) Pengembangantesacuanpatokan (6) Pengembangansiasatinstruksional (7) Pengembangandanmemilih material instruksional (8) Merancangdanmelaksanakanpenilaianformatif (9) danRevisiinstruksional. Modul yang dihasilkandaripenelitianpengembanganiniyaitumodul guru danmodulsiswa. Modul yang dikembangkantelahmelaluitahapanvalidasiahli media validasiahlimateri ujicobakelompokkecil danujicobakelompokbesar. Hasilvalidasiahli media adalah86.76% dan 88.33% hasilvalidasiahlimateriadalah 89.06% dan 98.44% hasilujicobakelompokkeciladalah 87.62% danhasilujicobakelompokbesaradalah 89.70%. Dari data tersebutdapatdisimpulkanbahwamodulJaringanBerbasisLuas (WAN) yang dikembangkanlayakuntukdigunakandalampembelajaranmatapelajaranJaringanBerbasisLuas (WAN) Kelas XI di SMK DiponegoroTumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46189

Actions (login required)

View Item View Item