Perbedaan hasil belajar menggunakan sumber belajar media internet dan non internet pada mata pelajaran merawat peralatan multimedia dengan model pembelajaran Paikem di SMKN 1 Nguling Pasuruan / Nur Kholifatul Zahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar menggunakan sumber belajar media internet dan non internet pada mata pelajaran merawat peralatan multimedia dengan model pembelajaran Paikem di SMKN 1 Nguling Pasuruan / Nur Kholifatul Zahro

Zahro, Nur Kholifatul (2016) Perbedaan hasil belajar menggunakan sumber belajar media internet dan non internet pada mata pelajaran merawat peralatan multimedia dengan model pembelajaran Paikem di SMKN 1 Nguling Pasuruan / Nur Kholifatul Zahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahro NurKholifatul. 2016. PerbedaanHasilBelajarMenggunakanSumberBelajar Media Internet dan Non Internet Pada Mata PelajaranMerawatPeralatan Multimedia dengan Model Pembelajaran PAIKEMdiSMKN 1 NgulingPasuruan. Skripsi JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. PugerHonggowiyono M.T. (II) Ahmad Fahmi S.T. M.T. Kata Kunci sumberbelajar internet non internet hasilbelajar PAIKEM. Internet merupakan media yang dapatdigunakanuntukberkomunikasiataupencarianinformasibaikdalamnegerimaupunluarnegeri yang dapatdiaksesmenggunakanperangkatelektroniksepertikomputeratau laptop hand- phone dan lain sebagainya yang terhubungdalamsebuahjaringankomputer global. Sedangkan non internet merupakansegalasesuatu yang tidakterhubungdalamjaringan.Dalampencarianinformasidapatdiperolehdaribuku koran dan lain-lain. Informasi yang diperolehdari internet maupun non internet dapatdigunakansebagaisumberbelajar.Di SMKN 1 Nguling telah tersedia internet dan buku penunjang pembelajaran sebagai sumber belajar namun belum digunakan secara maksimal. Dengan penggunaan sumber belajar yang maksimal serta penerapan model pembelajaran yang menyenangkan diharapkan hasil belajar siswa mampu mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitianinimenggunakanpenelitiandeskriptifkuantitatif.Dalampenelitianini dilakukaneksperimenterhadap 2 kelasdenganjurusansama. KelasX MM2dikondisikanuntukmenggunakan media internet sebagaisumberbelajarnya. SedangkankelasX MM3dikondisikanmenggunakansumberbelajar non internet. Namunkeduakelastersebutditerapkan model pembelajaran yang sama yaitu PAIKEM (PembelajaranAktif Inovatif Kreatif EfektifdanMenyenangkan) yang merupakan model pembelajaran yang berpusatpadasiswadanpembelajarannyadibuatmenyenangkansehinggasiswalebihaktif tidakmerasatakutdannyamandalambelajar. Dari hasilanalisisdanpembahasanpadapenelitianini makadapatdisimpulkanbahwaadaperubahannilaikemampuanawaldanhasiltespadakelas X MM2 denganselisih 5 3 atau 3 25% danpadakelas X MM3 denganselisih 4 3 atau 2 89% yang menunjukkanbahwapenerapan model pembelajaran PAIKEM terbukti bisa meningkatkan hasil belajar. Selainitu adaperbedaanhasilbelajar yang signifikanantarakelas X MM2 dan X MM3 dengannilaisignifikansiperhitunganuji-t 0 041 yang membuktikanbahwapenerapan model pembelajaran PAIKEM dansumberbelajar yang digunakandapat meningkatkan hasil belajar dimanahasilbelajarkelas yang menggunakansumberbelajar media internet lebihbaik 5 9atau 3 79% daripadahasilbelajar yang menggunakansumberbelajar non internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46183

Actions (login required)

View Item View Item