Pengaruh tingkat kecakapan sosial dan pengetahuan pedagogik pada minat menjadi guru di S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Fawzul Sinatrya Pramaja - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat kecakapan sosial dan pengetahuan pedagogik pada minat menjadi guru di S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Fawzul Sinatrya Pramaja

Pramaja, Fawzul Sinatrya (2016) Pengaruh tingkat kecakapan sosial dan pengetahuan pedagogik pada minat menjadi guru di S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Fawzul Sinatrya Pramaja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramaja Fawzul Sinatrya. 2016. Pengaruh Tingkat Kecakapan Sosial dan Pengetahuan Pedagogik pada Minat Menjadi Guru di S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Setiadi. M.Pd. M.T. (2) Dr. Eng. Siti Sendari S.T. M.T. Kata Kunci kecakapan sosial pengetahuan pedagogik minat menjadi guru Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang setiap tahunnya meluluskan calon guru TIK khususnya untuk jenjang SMK yang jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya. Namun kenyataannya pada saat ini masih ada beberapa daerah di Indonesia yang masih kekurangan guru TIK di jenjang SMK. Hal ini dikarenakan minat dari mahasiswa terhadap profesi guru berubah-ubah dari waktu disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah kecakapan sosial dan pengetahuan pedagogik yang dimiliki mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap hubungan antara (1) kecakapan sosial (X1) dengan minat mahasiswa untuk menjadi guru (2) pengetahuan pedagogik (X2) dengan minat mahasiswa untuk menjadi guru dan (3) kecakapan sosial (X1) dan pengetahuan pedagogik (X2) dengan minat mahasiswa untuk menjadi guru (Y). Rancangan penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian dilakukan pada mahasiswa S1 PTI 2013 yang telah menempuh matakuliah keilmuan dan keterampilan kependidikan. Sampel penelitian sebanyak 133 mahasiswa dengan total populasi sebanyak 198 mahasiswa. Pengumpulan data variabel (X1) dan (Y) menggunakan angket tertutup dan variabel (X2) menggunakan dokumentasi. Uji prasyarat analisis telah terpenuhi. Untuk mengungkap hubungan (X1) dengan (Y) dan (X2) dengan (Y) menggunakan analisis korelasi parsial. Sedangkan untuk mengungkap hubungan (X1) dan (X2) secara simultan dengan (Y) menggunakan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara (X1) dengan (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0 586 (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara (X2) dengan (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0 396 dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara (X1) dan (X2) dengan (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0 730. Sumbangan relatif (X1) dengan (Y) sebesar 67 59% dan sumbangan relatif (X2) dengan (Y) sebesar 32 41%. Sedangkan sumbangan efektif (X1) dengan (Y) sebesar 36 03% dan sumbangan efektif (X2) dengan (Y) sebesar 17 27%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada hubungan positif dan signifikan antara (X1) dengan (Y) (2) ada hubungan positif dan signifikan antara (X2) dengan (Y) dan (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara (X1) dan (X2) secara simultan dengan (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46182

Actions (login required)

View Item View Item