Penerapan algoritma genetika pada sistem penjadwalan perkuliahan berbasis website / Hanny Prastya Hariyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan algoritma genetika pada sistem penjadwalan perkuliahan berbasis website / Hanny Prastya Hariyadi

Hariyadi, Hanny Prastya (2016) Penerapan algoritma genetika pada sistem penjadwalan perkuliahan berbasis website / Hanny Prastya Hariyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prastya Hanny. 2016. Penerapan Algoritma Genetika pada Sistem Penjadwalan Perkuliahan Berbasis Website. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triyanna Widiyaningtyas S.T M.T. (II) M. Zainal Arifin S.Si M.Kom. Kata Kunci Algoritma Genetika Penelitian dan Pengembangan Penjadwalan Perkuliahan Sistem informasi Website Berdasarkan observasi yang dilakukan di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang pada bulanMaret 2015 terdapat permasalahan yaitu belum adanya sistem penjadwalan perkuliahan. Dalam penyusunan jadwal masih menggunakan ASC Timetable. ASC Timetable tidak dapat membaca database secara langsung. Pemindahan data dari database ke aplikasi membutuhkan waktu dan memungkinan terjadinya human error. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem penjadwalan perkuliahan yang bisa terintegrasi secara langsung dengan database jurusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem penjadwalan perkuliahan yang mampu membuat sebuah jadwal yang tidak ada bentrok dan sekaligus terintegrasi dengan database jurusan. Model penelitian yang digunakan adalahWaterfall. Penelitian ini menggunakan model tersebut dikarenakan konsep dan kebutuhan dari sistem ini sudah jelas. Selain itu pengembangan yang bertahap dan bersifat sequential dapat mempermudah dalam pengembangan produk. Algoritma Genetika ditambahkan ke dalam sistem sebagai kecerdasan buatan yang akan menyusun sebuah jadwal perkuliahan. Dalam pengujian sistem menggunakan metode pengujian black-boxdan white-box. Metode ini akan meningkatkan kualitas dan validitas semua fungsi perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan fungsionalitas yang telah didefinisikan. Hasil pengujian black-box dan white-box oleh ahli RPL dan user mendapat skor 100%. Berdasarkan pengujian black-box dan white-box dapat disimpulkan bahwa Sistem Penjadwalan Perkuliahan dengan menerapkan Algoritma Genetika dinyatakan layak/valid. Kemudian hasil pengujian Algoritma Genetika mencapai nilai fitness 0.93 di lima belas kali percobaan pada saat masa uji. Berdasarkan hasil tersebut Algoritma Genetika dinyatakan mampu menyelesaikan secara optimal dalam penyusunan jadwal perkuliahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46176

Actions (login required)

View Item View Item