Visualisasi algoritma pemrograman dasar untuk kelas X SMK berdasarkan kurikulum 2013 / Anni Faiqoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Visualisasi algoritma pemrograman dasar untuk kelas X SMK berdasarkan kurikulum 2013 / Anni Faiqoh

Faiqoh, Anni (2016) Visualisasi algoritma pemrograman dasar untuk kelas X SMK berdasarkan kurikulum 2013 / Anni Faiqoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faiqoh Anni. 2016. Visualisasi Algoritma Pemrograman Dasar untuk Kelas X SMK Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2)Aji Prasetya Wibawa S.T. M.MT. Ph.D. Kata Kunci Visualisasi Algoritma Pemrograman Dasar SMK Kurikulum 2013. Pembelajaran Teacher Center merupakan pembelajaran yang berpusat pada guru. Pembelajaran inimembuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran teruama bila tidak tersedia media pembelajaran yang tepat untuk belajar. Hal tersebut akan berpengaruh pada perolehan hasil belajar yang tidak maksimal.Dari hasil observasi yang dilakukan di SMKN 9 Malang ditemukan bahwa masih belum ada pemanfaatan fasilitas komputer secara optimal sebagai alternatif sumber belajar Algoritma Pemrograman Dasar secara mandiri diluar kelas. Peserta didik sering mencari sumber belajar mandiri melalui internet yang memiliki struktur pembelajaran yang berbeda dengan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu penelitian inibertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Visualisasi Algoritma Pemrograman Dasar. Metode yang dipilih adalah Sadiman (2012) dikarenakan langkah-langkahnya sistematis sesuai dengan kebutuhan ringkas jelas sederhana dan mudah dipahami sehingga mudah untuk dilakukan. Model inimemiliki fokus pemanfaatan pada pengembangan media pembelajaran untuk pendidikan formal dan terdapat alur revisi yang kompleks. Tahap-tahap pada model pengembangan ini yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan pengukur keberhasilan (5)penulisan naskah media (6) uji coba (7) revisi (8) siap produksi. Uji coba visualisasi dilakukan pada tiga subjek uji coba yaitu ahli materi ahli media dan peserta didik.Dari keseluruhan pengujian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa visualisasi sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46169

Actions (login required)

View Item View Item