Perbandingan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran basis dara kelas X RPL di SMKN 2 Trenggalek / Safira Maya Shovie - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran basis dara kelas X RPL di SMKN 2 Trenggalek / Safira Maya Shovie

Shovie, Safira Maya (2016) Perbandingan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran basis dara kelas X RPL di SMKN 2 Trenggalek / Safira Maya Shovie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shovie Safira Maya. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadapa Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Basis Data Kelas X RPL di SMKN 2 Trenggalek. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Atmadji S. M.Pd. (II) Ahmad Fahmi S.T. M.T. Kata Kunci Problem based learning inkuiri hasil belajar Penerapan model pembelajaran yang tepat dengan karakteristik sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai mempengaruhi kualitas hasil belajar. Model pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran pada mata pelajaran Basis Data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran Basis Data antara penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Basis Data di kelas X program keahlian RPL SMK Negeri 2 Trenggalek. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X RPL B (34 siswa) sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan siswa kelas X RPL C (34 siswa) sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design. Bentuk desain quasi experiment yang digunakan dalam penelitian ini adalah NonequivalentControl Group Design. Dari uji t yang dilakukan terhadap nilai posttest dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Nilai rata-rata posttest kelas Problem Based Learningyaitu 83 4 lebih tinggi dari pada kelas Inkuiriyaitu 77 8. Perbedaan hasil belajar juga terlihat pada nilai evaluasi pada setiap pertemuan yang menunjukkan bahwa nilai evaluasi kognitif kelas Problem Based Learning lebih tinggi dari pada kelas Inkuiri pada setiap pertemuanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46166

Actions (login required)

View Item View Item