Interaksi antara tingkat inisiatif siswa dan penerapan konstruktivistik berbantuan handout berbasis peta konsep terhadap hasiul belajar pemrograman web pada siswa kelas X MM di SMK Negeri 1 Ponorogo / Wina Desynatria - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi antara tingkat inisiatif siswa dan penerapan konstruktivistik berbantuan handout berbasis peta konsep terhadap hasiul belajar pemrograman web pada siswa kelas X MM di SMK Negeri 1 Ponorogo / Wina Desynatria

Desynatria, Wina (2016) Interaksi antara tingkat inisiatif siswa dan penerapan konstruktivistik berbantuan handout berbasis peta konsep terhadap hasiul belajar pemrograman web pada siswa kelas X MM di SMK Negeri 1 Ponorogo / Wina Desynatria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Desynatria Wina. 2016. Interaksi antara Tingkat Inisiatif Siswa dan Penerapan Konstruktivistik Berbantuan Handout Berbasis Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Pemrograman Web pada Siswa Kelas X MM di SMK N 1 Ponorogo. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Setiadi C.P. M.T. M.Pd. (2) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci inisiatif konstruktivistik problem based learning discovery learning handout peta konsep hasil belajar Pemrograman Web Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran di SMK Negeri 1 Ponorogo yaitu kurangnya inisiatif siswa dalam proses pembelajaran. Padahal tingkat inisiatif penting untuk siswa dalam pembelajaran Pemrograman Web karena siswa yang tidak memiliki inisiatif tidak dapat menggali informasi lebih dalam atau menciptakan suatu karya hal ini tentu akan mempengaruhi kompetensi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan konstruktivistik berupa Problem Based Learning(PBL) dan Discovery Learning.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah interaksi dan perbedaan hasil belajar Pemrograman Web antara kelompok siswa dengan tingkat inisiatif tinggi dan inisiatif rendah yang mengikuti model pembelajaran PBL dan Discovery Learning menggunakan handout berbasis peta konsep. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental dengan rancangan faktorial 2 x 2. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Ponorogo. Uji hipotesis yang dilakukan yaitu uji interaksi dan perbedaan hasil belajar antara tingkat inisiatif dan penggunaan konstruktivistik yang dilakukan dengan uji ANOVA dua jalur serta uji hipotesis untuk mengetahui kelompok mana saja yang berbeda secara signifikan yang dilakukan dengan Post Hoc Comparison. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) terdapat interaksi antara tingkat inisiatif dan pembelajaran konstruktivistik dengan nilai Sig. sebesar 0 031 0 05 untuk rerata hasil belajar pengetahuan keterampilan dan sikap (2) terdapat perbedaan yang signifikan rerata hasil belajar pengetahuan keterampilan dan sikap antar kelompok dengan nilai Sig. sebesar 0 000 0 05 dan (3) terdapat kelompok yang berbeda secara signifikan dengan nilai Sig. sebesar 0 000 0 05. Dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat interaksi antara tingkat inisiatif dan model pembelajaran (2) terdapat perbedaan rerata hasil belajar antar kelompok dan (3) kelompok yang paling berbeda secara signifikan adalah siswa yang berinisiatif tinggi yang mengikuti model Discovery Learning dan siswa berinisiatif rendah yang mengikuti model Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46165

Actions (login required)

View Item View Item