Pengembangan modul ajar matapelajaran pemrograman web dinamis untuk siswa kelas XII Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Kepanjen Kab. Malang / Sherly Nanda Kasih Mawardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar matapelajaran pemrograman web dinamis untuk siswa kelas XII Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Kepanjen Kab. Malang / Sherly Nanda Kasih Mawardi

Mawardi, Sherly Nanda Kasih (2016) Pengembangan modul ajar matapelajaran pemrograman web dinamis untuk siswa kelas XII Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Kepanjen Kab. Malang / Sherly Nanda Kasih Mawardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mawardi Sherly Nanda Kasih. 2016. Pengembangan Modul Ajar Matapelajaran Pemrograman Web Dinamis untuk Siswa Kelas XII Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Kepanjen Kab. Malang.Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti Gunawan I. M.Kom. (II) Drs. Dwi Prihanto. S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Modul Ajar Pemrograman Web Dinamis Proses pendidikan untuk mencapai tujuan memerlukan unsur-usur pendidik peserta didik interaksi edukatif tujuan pendidikan materi pendidikan alat dan metode dan lingkungan pendidikan. Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 1 Kepanjen pembelajaran pada matapelajaran Pemrograman Web Dinamis masih menggunakan bahan ajar yangsangat terbatas untuk pembelajaran di kelas. Menurut hasil wawancara yang dilakukan dengan guru matapelajaran hal tersebut berdampak pada hasil nilai siswa kelas XII program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak saat ujian. Hasil nilai ujian matapelajaran Pemrograman Web Dinamis hanya 10% (persen) yang mencapai KKM(Kriteria Ketuntasan Minimal). Peserta didik di SMK Negeri 1 Kepanjen dapat menerima pengajaran secara efektif dengan hasil nilai yang baik menggunakan modul di beberapa matapelajaran yang sudah tersedia bahan ajar tersebut. Bahan ajar jenis modul memberikan pengalaman belajar untuk mengarahkan pada pemahaman praktik secara jelas sehingga diperlukan siswa dengan gaya belajar kinestetik agar kegiatan pembelajaran tidak bersifat verbalitas abstrak dan dapat mengatasi keterbatasan waktu serta kemampuan masing-masing siswa. Bahan ajar modul yang dikembangkan memuat materi pembelajaran Pemrograman Web Dinamis kelas XII Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak selama 1(satu) semester yaitu pada semester gasal. Kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa adalah (1) menjelaskan konsep pemrograman web dinamis (2) mempersiapkan pembuatan aplikasi dan (3) membuat halaman web menggunakan bahasa script. Pengembangan modul ajar ini menggunakan model pengembangan Sugiyono yang mencakup langkah-langkah yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi masal. Tujuan dari pengembangan yang dilakukan adalah merancang menghasilkan dan menguji kelayakan modul matapelajaran Web Dinamis. Produk modul matapelajaran Pemrograman Web Dinamis yang dikembangkan melalui tahap validasi oleh validator ahli media dan ahli materi dengan perolehan skor persentase masing-masing 88%. Pada tahap uji coba responden (siswa) diperoleh hasil dengan skor persentase 81% untuk uji coba kelompok kecil dan 84 1% untuk uji coba kelompok besar. Dari hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa produk berupa modul ajar Pemrograman Web Dinamis sangat valid atau dapat digunakan dalam pembelajaran tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46164

Actions (login required)

View Item View Item