Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pemrograman dasar melalui penerapan model pembelajaran experiential learning dengan metode demonstrasi pada siswa kelas X Program Keahlian Multimedia (MM) 1 SMKN 11 Malang / Dian Septi Rizkitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pemrograman dasar melalui penerapan model pembelajaran experiential learning dengan metode demonstrasi pada siswa kelas X Program Keahlian Multimedia (MM) 1 SMKN 11 Malang / Dian Septi Rizkitasari

Rizkitasari, Dian Septi (2016) Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pemrograman dasar melalui penerapan model pembelajaran experiential learning dengan metode demonstrasi pada siswa kelas X Program Keahlian Multimedia (MM) 1 SMKN 11 Malang / Dian Septi Rizkitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizkitasari Dian S. 2015. Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pemrograman Dasar melaluiPenerapan Model Pembelajaran Experiential Learning dengan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Multimedia (MM) 1SMKN 11 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom. (2) Dr. Eng. AnikNurHandayani S.T. M.T. Kata Kunci experiential learning demonstrasi keaktifan hasil belajar MM Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh (1) 36% dari 31 siswa tidak pernah memberikan pendapat saat pelajaran Pemrograman Dasar (2)68% siswa dari 31 siswa berpendapat bahwa Pemrograman Dasar merupakan pelajaran yang sulit (3) persentase siswa yang memenuhi KKM hanya 3% sedangkan 97% di bawah KKM (4) laboratorium kurang mendukung dalam pelaksanaan praktikum.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Pemrograman Dasar siswa kelas X MM 1 SMKN 11 Malang. Penelitian ini menggunakan desain alur penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin dengan empat tahap yaitu (1) perencanaan (planning) (2) tindakan (action) (3) observasi (observation) (4) refleksi (reflection). Empat tahapan tersebut dilaksanakan selama dua siklus dan satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Experiential Learning. Model ini memiliki 4 tahapan yaitu (1) concrete experience (2) reflection observation (3) abstract conceptualization (4) active experimentation. Model ini dikombinasikan dengan metode Demonstrasi dengan tujuan agar pembelajaran berbasis praktikum dapat terlaksana meskipun pembelajaran dilaksanakan di dalam kelas. Hasil dari penelitian ini adalah persentase rata-rata keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 6 23%. Hasil belajar aspek pengetahuan melalui post test mengalami peningkatan sebesar 41 94% sedangkan hasil belajar aspek pengetahuan melalui jobsheetmengalami peningkatan sebesar 29 04%. Hasil belajar aspek keterampilan mengalami peningkatan sebesar 8 03%. Hasil belajar aspek sikap mengalami peningkatan sebesar 3 36%. Keterlaksanaan untuk guru mengalami peningkatan sebesar 7 07% dan keterlaksanaan untuk siswa mengalami peningkatan sebesar 9 76%. Berdasarkan hasil yang telah dipaparkan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Experiential Learning dengan metode Demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X Multimedia 1 SMKN 11 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46161

Actions (login required)

View Item View Item