Kontribusi kemandirian mengambil keputusan dan kemampuan afektif mapel Produktif terhadap mental kerja pada siswa TKJ di SMK se-Kota Kediri / Lutfi Mamlukatul Amaliah

Amaliah, Lutfi Mamlukatul (2016) Kontribusi kemandirian mengambil keputusan dan kemampuan afektif mapel Produktif terhadap mental kerja pada siswa TKJ di SMK se-Kota Kediri / Lutfi Mamlukatul Amaliah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amaliah, Lutfi Mamlukatul. 2016. Kontribusi Kemandirian Mengambil Keputusan dan Kemampuan Afektif Mapel Produktif Terhadap Mental Kerja Pada Siswa TKJ di SMK Se-Kota Kediri. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T, (II) Aji Prasetya Wibawa, S.T., M.M.T., Ph.D. Kata Kunci: kemandirian mengambil keputusan, kemampuan afektif siswa dalam mata pelajaran produktif, mental kerja Tingkat pengangguran di Kota Kediri berdasarkan data Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) mencapai 7,66% (BPS Jatim, 2014). Jumlah pengangguran paling banyak didominasi oleh lulusan SMK. Tingginya pengangguran tersebut, disebabkan oleh kurangnya kesiapan kerja siswa SMK. Kesiapan kerja siswa terkait dengan kesiapan mental memasuki dunia kerja. Mental kerja siswa dalam pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh proses pembelajaran dan siswa. Proses pembelajaran terkait dengan kemandirian siswa dalam mengambil keputusan, sedangkan faktor siswa terkait dengan kemampuan afektif siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kemandirian mengambil keputusan siswa TKJ (X1), (2) tingkat kemampuan afektif mapel produktif (X2), (3) tingkat mental kerja siswa (Y), (4) hubungan antara X1 dan Y, (5) hubungan antara X2 dan Y, (6) hubungan antara X1 dan X2 terhadap Y, (7) kontribusi X1 dan X2 terhadap Y. Rancangan penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian berjumlah 420 siswa dari 9 SMK di Kota Kediri. Teknik sampel menggunakan proportional random sampling dan rumus slovin untuk menentukan besarnya sampel, sehingga diperoleh sampel 204 siswa. Pengumpulan data untuk X1 dan Y menggunakan kuisioner dan X2 menggunakan data sekunder (data penilaian guru). Tahapan dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji prasyarat, uji hipotesis, sumbangan efektif dan relatif. Pengolahan data menggunakan software SPSS for Windows 20. Hasil analisis diketahui bahwa variabel X1 tergolong tinggi dengan persentase sebesar 55,89%, variabel X2 tergolong kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 85,29%, dan variabel Y tergolong sangat tinggi dengan persentase sebesar 65,19%. Hubungan antara X1 dan Y terdapat hubungan yang positif dan signifikan, serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dan Y. Hubungan yang terjadi antar variabel bebas (X1 dan X2) dengan variabel terikat (Y) adalah hubungan yang positif dan signifikan. Sumbangan efektif dari kedua variabel bebas sebesar 77,7%. Dengan demikian, dibutuhkan peran guru dalam meningkatkan soft-skill dan ketrampilan siswa dalam berpikir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46157

Actions (login required)

View Item View Item