Pengembangan model cetak algoritma pemrograman dasar untuk SML kelas X berdasarkan kurikulum 2013 / Nafisa Firmania - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model cetak algoritma pemrograman dasar untuk SML kelas X berdasarkan kurikulum 2013 / Nafisa Firmania

Firmania, Nafisa (2016) Pengembangan model cetak algoritma pemrograman dasar untuk SML kelas X berdasarkan kurikulum 2013 / Nafisa Firmania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firmania Nafisa. 2016. Pengembangan Modul Cetak Algoritma Pemrograman Dasar Untuk SMK Kelas X Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) Aji Prasetya Wibawa S.T. M.MT. Ph.D. Kata Kunci Modul Cetak Algoritma Pemrograman Dasar SMK Kurikulum 2013 Model Sadiman. Pada dasarnya SMK yang terdapat di kota Malang khususnya SMK Negeri 9 Malang cenderung menggunakan metode pembelajaran Teacher Centered. Dengan metode tersebut proses pembelajaran berpusat pada guru saja. Sehingga siswa kurang aktif ketika mengikuti pembelajaran di kelas. Teacher Centereddilaksanakan di SMK Negeri 9 Malang karena belum adanya bahan ajar yang sesuai dengan K 13. Karena belum adanya bahan ajar yang sesuai seperti bahan ajar cetak maupun bahan ajar dengar menyebabkan siswa tidak dapat belajar secara mandiri. Selain belum adanya bahan ajar yang sesuai fasilitas komputer yang terdapat pada SMK Negeri 9 Malang belum dapat memenuhi kebutuhan seluruh siswanya. Dalam proses pembelajaran di kelas sumber belajar yang didapat siswa adalah dengan mencatat penjelasan materi yang disampaikan oleh guru. Begitu pula ketika di luar jam sekolah siswa hanya dapat belajar melalui catatan dari guru tersebut. Proses pembelajaran yang demikian berdampak pada hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran APD menjadi tidak maksimal. Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan maka dilakukan penelitian dan pengembangan dengan judul Pengembangan Modul Cetak Algoritma Pemrograman Dasar Untuk SMK Berdasarkan Kurikulum 2013 . Pada pengembangan modul cetak Algoritma Pemrograman Dasar ini peneliti menggunakan model pengembangan Sadiman. Alasan peneliti menggunakan model Sadiman adalah sebagai berikut (1) model ini merupakan model yang dirancang untuk mengembangakan bahan ajar (2) model ini tergolong sederhana sehingga mudah untuk diterapkan dalam penelitian pengembangan khususnya penelitian pengembangan bahan ajar berupa modul cetak (3) model pengembangan ini tergolong sistematis sehingga dapat direalisasikan dan dikontrol dengan baik pada setiap tahapannya. Pengujian yang dilakukan pada pengembangan modul cetak ini terdapat beberapa tahapan. Dengan hasil pengujiaan yang telah dilaksankan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa modul cetak sangat layak digunakan sebagai pedoman guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46156

Actions (login required)

View Item View Item